Melatih anak mengunyah Awan Ukaya

Melatih anak mengunyah

Pada awalnya bayi yang baru berusia beberapa bulan hanya bisa memakan makanan ASI yang diberikan oleh ibunya, namun tidak selamanya anak kita akan memakan ASI. Saat ia bertambah usia, tentunya ia sudah bisa makan makanan selain ASI, namun anak anda mungkin masih belum terbiasa makan makanan selain ASI, yakni makanan yang padat. Oleh karena itu, iitu tanggung jawab orangtua untuk melatih mereka. Bila anak anda semakin bertambah usia tentunya ia harus anda latih untuk dapat mengkonsumsi makanan yang sudah lebih padat. Untuk itu perlu dilatih kemampuan si kecil untuk dapat mengunyahnya. Ada beberapa cara dapat dilakukan.

Melatih anak mengunyah dengan cara:

  1. Jika membuat bubur halus, sisakan satu macam makanan yang bisa dikunyah dengan mudah, misalnya potongan wortel lunak atau potongan lembaran keju.
  2. Jangan paksakan bayi mengunyah makanan yang memang sulit, seperti daging sapi atau daging ayam. Jika ingin melatih bayi mengunyah daging cincang atau potongan kecil ayam, kukuslah dahulu sebelum diolah di dalam sayur atau bubur.
  3. Alihkan makanan halusnya ke bentuk yang lebih besar sedikit demi sedikit. Misalnya jika diblender, kurangi kehalusannya minggu demi minggu.
  4. Berikan ia makanan yang bisa digenggam, yang bergizi dan mudah dicerna, wortel rebus yang dipotong sepanjang korek api atau sepotong pepaya.
  5. Bisa juga Anda berikan ia nasi lembek yang dicampur lauk yang diblender.