Pengertian dan cara aerobik Awan Ukaya

Pengertian dan cara aerobik

Latihan menarik otot perut ke belakang sangat penting dilakukan meskipun hal ini merupakan latihan kecil. Sering kali orang hanya mau melakukan latihan berat, tanpa mau melakukan hal-hal kecil tetapi sangat penting.

Untuk melatih keseimbangan batang tubuh, tidak semua jenis latihan bisa dilakukan. Keseimbangan batang tubuh hanya bisa dicapai jika seseorang melakukan latihan yang bersifat progresif atau peningkatkan latihan. Jadi, kalaupun mau berolahraga aerobik, harus dimulai dari intensitas ringan dan berangsur menuju pada intensitas berat.

Olahraga aerobik bukanlah senam yang banyak dilakukan di pusat-pusat kebugaran. Pengertian aerobik adalah olahraga yang dilakukan dengan intensitas ringan sampai sedang, tetapi berlangsung cukup lama, minimal membutuhkan waktu 30 menit. Contoh olahraga yang termasuk golongan aerobik di antaranya jogging, renang, dan bersepeda.

Untuk menyosialisasikan perlunya keseimbangan batang tubuh, perlu menciptakan gerakan senam aerobik.

Gerakan senam ini sepintas tak jauh berbeda dengan senam-senam aerobik lainnya. Namun, jika diperhatikan, ritme gerakan ini lebih pelan dibandingkan senam aerobik yang biasa dilakukan. Hal ini bertujuan agar orang yang melakukan gerakan itu bisa terfokus pada otot batang tubuh.

Senam untuk keseimbangan batang tubuh bisa dilakukan semua umur, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua. Yang membedakan tentu saja intensitas latihannya. Gerakan aerobik keseimbangan batang tubuh terdiri dari pemanasan dan peregangan selama lima menit. Sedangkan latihan inti dibedakan untuk kelompok umur dan dilakukan selama 20 menit. Setelah itu ada gerakan post aerobik dan pendinginan.