Menggendong Dengan Alat Bantu Awan Ukaya

Menggendong Dengan Alat Bantu

Menggendong bayi baru lahir memang bisa dengan berbagai posisi. Dari si bayi telentang, telungkup, bahkan juga bisa menggunakan alat bantu.

Menggendong si kecil, tidak hanya dapat dilakukan dengan tangan, tetapi juga menggunakan bantuan alat gendong yang banyak tersedia di pasaran. Termasuk dalam hal ini adalah menggendong dengan menggunakan kain.

Yang perlu anda ingat dalam menggendong bayi baru lahir adalah

Variasi Posisi Menggendong

– Bagi si kecil yang sudah berumur 3 bulan, anda dapat memberinya kesempatan untuk “melihat dunia” disekelilingnya. caranya, dengan meletakkan kepalanya lebih tinggi, yakni menempel pada dada anda mendekati posisi ketiak.

– Anda dapat menggendong si kecil dengan posisi kepala di bawah ketiak anda. Kepala, punggung, dan bokong si kecil di dalam gendongan anda akan terayun-ayun secara perlahan. Tentu saja hal ini terasa nyaman bagi si kecil.

Tubuh bayi harus tetap dalam posisi horizontal. Artinya, bayi anda digendong dalam posisi berbaring telentang atau telungkup dengan kepala bertumpu pada lengan anda.

Pada prinsipnya, menggendong dengan alat bantu hampir sama dengan menggendong menggunakan tangan. Yakni penting, posisi saat menggendong terasanyaman bagi anda. Karena, bila yang digendong pun akan merasa tidak nyaman pula.

Nah Berikut cara menggendong Menggunakan Alat Bantu

– Pasanglah kain atau alat bantu gendong pada tubuh anda. sebelumnya, pastikan ikatan kain gendongan sesuai tinggi tubuh anda sehingga terasa cukup nyaman.

– Bila sulit melakukan sendiri, anda bisa minta bantuan orang lain untuk meletakkan tubuh si kecil ke dalam gendongan. Letakkan tubuh bayi dengan posisi kepala dan wajahnya menghadap ke arah dada anda. Upayakan kepala, bahu, bokong, dan paha si kecil berada pada satu garis lurus yang sejajar.

– Gunakan lengan anda yang berada pada posisi yang sama dengan kepala bayi untuk menopang kepalanya. Perlu diingat, otot-otot leher bayi baru lahir belum cukup kuat untuk menopang kepalanya agar tegak.