Fase belajar bahasa bayi Awan Ukaya

Fase belajar bahasa bayi

Pembelajaran bahasa yang tinggi dimulai saat bayi usia 7 bulan. Mereka mulai merespon setiap bunyi yang mereka dengar. Bunyi bahasa yang didengar dan gerak bibir serta mimik merupakan unsur penting proses belajar bahasa si kecil.

Sebuap penelitian telah membuktikan dengan perlakuan kepada bayi yang didengarkan dua video sekaligus,disebelah kiri dan kanan. Yang menjadi bahan pengamatan para peneliti adalah lama rentang perhatian bayi kepada dua sumber suara yang disampaikan tayangan video tersebut.

Hasilnya, para bayi memusatkan perhatian rata-rata 2 detik lebih lama pada tayangan video yang memperdengarkan kata yang sinkron dengan gambar , kemudian dibandingkan dengan bayi yang diputarkan video dengan kata-kata yang tidak sinkron dan tidak relevan.

Pada bayi yang diputarkan video dengan kata-kata yang tidak sinkron , hasilnya para bayi bahkan tak dapat mengkap satupun kata baru.

Kesimpulannya, untuk memperoleh informasi, cara terbaik adalah mendengarkannya secara sinkron dengan mata dan telinga. Dan yang penting diperhatikan dalam belajar bahasa bayi adalah adanya suara latar .Meskipun sumber suara tidak terlihat tetapi cukup mengganggu proses belajar dan kemampuan bayi menangkap informasi.