Contoh Kecerdasan Moral Awan Ukaya

Contoh Kecerdasan Moral

Seperti pengajaran berbagaiu nilai lain, contoh dari lingkungan terdekat memiliki peran sangat penting. Suatu ajaran kasih sayang, misalnya, menjadi hampa saat anak senantiasa menyaksikan pertengkaran di rumahnya. Ajaran mengenai hidup hemat dan kesedaran lingkungan menjadi tak berarti ketika anak melihat orang tua tidak terbiasa mematikan kran air atau listrik saat tak terpakai. “Khotbah” menganai pentingnya kebersihan dengan serta merta menjadi kosong saat orang tua tanpa sungkan membuang sampah dari jendela mobil mereka. Dan seterusnya. Contoh-contoh yang ditemui anak sehari-hari merupakan pengajaran yang sangat efektif.

Konsistensi dalam penerapan nilai-nila penting merupakan hal penting lainnya. Ketika suatu hari kita menerapkan sikap hemat kemudian di hari yang lain anak-anak menyaksikan kita memberli barang yang bukan menjadi prioritas, maka sesungguhnya makna sikap hemat menjadi turun. Efektivitas pengajaran sikap hemat pun berkurang.

Sesungguhnya, bisa dikatakan bahwa nilai-nilai dasar moral manusia banyak dikupas dalam ajaran agam kita masing-masing. Sheingga memang sangat ideal bila orang tua bukan saja menerapkan ajaran agama dengan konsisten tetapi juga menyadari bahwa ajaran tersebut ternyata sungguh memiliki peran dalam kelangsungan hidup anak-anak mereka.

Memo / Catatan

- Kecerdasan moral merupakan bagian penting dari kelangsungan masa depan anak.

- Sangat dipengaruhi contoh lingkungan terdekat.

- Konsistensi penerapan memiliki arti besar bagi perkembangan kecerdasan moral anak.

Nah Demikian sobat awanukaya.com mengenai artikel berjudul “Contoh Kecerdasan Moral” semoga bermanfaat ( Ifan21 )

     

Leave your comment here: