Bermain tradisional yang menyenangkan Awan Ukaya

Bermain tradisional yang menyenangkan

Terkadang mainan tidak selalu berfungsi seperti yang seharusnya bagi anak. Hal-hal yang biasa saja justru menarik perhatian si kecil dibanding dengan mainan baru yang Anda belikan untuknya.

Sesekali perlu juga mengajak bermain si kecil tanpa satu pun mainan. Untuk mendapat manfaat optimal ketika bermain dengan anak, Anda sebagai orangtua perlu:

  1. Memahami kebutuhan anak.
  2. Menyiapkan sarana dan prasarana.
  3. Menjadi teman bermain yang menyenangkan bagi anak.

 

Ciluk Baa …

Kata-kata ini mungkin sudah khas dimiliki oleh orang indonesia dalam hal bermain dengan anaknya. Minat anak tumbuh sejak si kecil berusia 5 hingga 6 bulan saat Anda menghilang dari pandangannya. Di usia 8 bulan, anak mulai mencari Anda. Hal ini menunjukkan bahwa ia mulai mengerti konsep mengenai keberadaan suatu objek secara tetap: suatu benda tetap ada meski dalam waktu tertentu ia tidak dapat melihatnya.

Bernyanyi

Anda dapat mendendangkan lagu untuknya. Kemampuan si kecil untuk meniru umumnya mulai terlihat saat ia berusia 9 bulan. Pemainan meniru ini memberi kesempatan pada anak untuk mengembangkan kemampuan berbahasa dengan berbagai cara. Saat ia meniru, ia harus mendengar dengan hati-hati, suaranya maupun suara Anda, kemudian ia mencoba mencocokan dua suara semirip mungkin yang dapat ia lakukan.

Menggoyangkan badan

Sesuai dengan bertambahnya usia anak Anda, Anda dapat menggoyangkan badannya sesuai lagu yang Anda dendangkan. Pada usia 8 bulan, ia akan tertawa jika Anda mendendangkan lagu dengan gembira sambil bergerak sesuai irama.