Baik dan buruk fluoride pada pasta gigi Awan Ukaya

Baik dan buruk fluoride pada pasta gigi

Fluoride merupakan suatu bentuk ion dari fluorine. Fluoride sebenarnya terdapat di dalam air dan beberapa makanan, termasuk teh. Fluor sebenarnya merupakan unsur tambahan yang dibutuhkan untuk menjaga agar tulang dan gigi tetap kuat. Pada tulang dan gigi terdapat kristal apatit yang mengandung kalsium, fosfat, magnesium, dan hidroksil. Ion hidroksil bermuatan negatif dan mudah larut. Misalnya, jika kita makan, maka rongga mulut menjadi asam. Karena kadar keasaman mulut, email (merupakan lapisan keras dan bersinar yang menjaga gigi) akan cepat larut.

Flouride banyak kita temukan sebagai salah satu kandungan yang terdapat dalam pasta gigi. Fluoride seringkali dipersepsikan sebagai kandungan ampuh yang melindungi gigi.

Gigi berlubang disebabkan oleh plak, yang terjadi karena kotoran (sisa makanan) yangmenempel pada gigi, dan ditumbuhi kuman. Dalam beberapa menit, makanan yang tersisa di dalam mulut membusuk. Dan kuman-kumanpun mulai menggerogoti email. Ketika email perlahan runtuh, maka gigi pun menjadi berlubang. Kuman-kuman tersebut masuk lapisan dentin, menjalar ke syaraf gigi sehingga menimbulkan rasa sakit. Lama kelamaan gigi menjadi mati dab busuk sehingga terjadi pembengkakan.

Gigi anak yang kelebihan fluor umumnya akan timbul bercak putih dan coklat pada gigi. Fluor yang berlebihan dapat membuat seseorang menderita keracunan, kerapuhan tulang (osteoporosis), kerusakan hati dan ginjal. Fluor dapat diberikan kepada anak-anak oleh dokter gigi jika anak memiliki riwayat kesehatan gigi karena tinggal di daerah yang airnya kurang mengandung fluor. Fluor yang terkandung di dalam pasta gigi tidak terlalu bermasalah karena hanya berfungsi untuk melapisi bagian luar gigi dan tidak banyak terserap tubuh. Selama pasta gigi tidak ditelan, maka penggunaan fluoride tidak masalah. Oleh karena itu sangat dianjurkan hendaklah memberikan anak-anak pasta gigi yang tidak mengandung fluor, kecuali bagi anak-anak yang sudah bisa berkumur dengan baik.