A – Z Seputar Kehamilan ( 4 ) Awan Ukaya

A – Z Seputar Kehamilan ( 4 )

Lanjut sobat masih mengulas tentang A-Z Seputar Kehamilan, Sebelumnya saya sudah cukup bercerita beberapa hal dalam artikel sebelumnya.

Buat yang belum baca artikel sebelumnya bisa KLIK DISINI

Mari lanjut ke artikel selanjutnya sobat awanukaya.com

Konsepsi

Konsepsi atau pembuahan adalah persatuan antara sel sperma adan sel telur. Jika sanggama terjadi sekitar masa ovaluasi ( Sekitar hari ke-12 sampai 14 ), konsepsi mungkin akan terjadi. Selama tengah pertama siklus haid, kelenjar pitutari dalam otak mengirimkan tanda pada indung telur, yang menyebkan beberapa sel telur menjadi matang dan siap untuk dikeluarkan sekitar masa ovaluasi. Jari-jari (fimbria) pada ujung saluran telur dan menariknya ke dalam saluran telur. Disini sel telur siap bertemu dengan sperma untuk pembuahan.

Begitu masuk ke vagina, sperma memulai perjalanannya melalui leher rahim menuju rahim. Hanya sedikit sperma yang berhasil menuju saluran telur untuk bertemu sel telur. Sperma ini akan layu dan mati dalam vagina dengan kondisi asam, sehingga tidak dapat membuahi sel telur.

Namun, begitu sel telur dibuahi, ia akan tinggal dalam saluran telur selama 2-3 hari, lalu secara perlahan-lahan berjalan ke rahim. lima hari kemudian, telur akan tertanam dalam lapisan rahim dan berkembang menjadi mudigah (embrio). Berminggu-minggu kemudian, telur yang berkembang menimbulkan perubahan hormonal yang menghentikan keluarnya telur dari indung telur. Rahim menjaga dan memberi makan mudigah yang sedang tumbuh. akibatnya, haid tidak akan terjadi selama hamil.

Masih membahas Masalah A-Z Seputar Kehamilan. Untuk melanjutkan Artikel Ini KLIK DISINI