Wapadai Setiap Benjolan Di Tubuh Awan Ukaya

Wapadai Setiap Benjolan Di Tubuh

Wilms’tumor ( Tumor Wilms atau tumor ginjal ) cukup sering ditemukan pada anak-anak di bawah usia 5 tahun. RSUPN Cipto Mangunkuumo, Jakarta, menerima rata-rata satu kasus perbulan. Tumor Wilms berkaitan erat dengan perkembangan anak dan kemungkinan besar terjadi sejak masih di dalam kandungan. Sel yang awalnya berasal dari sel induk, pecah dan membetuk sel sendiri yang menjadi cikal bakal ginjal. Namun, pada fase pematangan ini sel kemudian tumbuh melenceng dari yang normal, sehingga menjadi tumor.

Berbeda dengan kasus kanker lain, pasien tumor Wilms umumnya tampak sehat dan tidak ada keluhan. Oleh karena itu, tumor ini biasanya terdeteksi secara tidak sengaja ketika orang tua menemukan benjolan saat memandikan anaknya. Hal ini terjadi karena tumor selalu terletak di dalam ginjal. Karena letak ginjal di perut bagian belakang, maka memang tidak mudah terdeteksi.

Hal yang perlu diwaspadai orang tua adalah bila menemukan benjolan, di mana pun letaknya, perlu diperiksakan pada dokter. Kemudian, mesti dibuktikan bahwa benjolan itu bukan kanker. jadi, sebetulnya, keluhan orang tua tentang benjolan tidak boleh diabaikan.

Pemeriksaan dokter biasanya dimulai dengan USG, untuk mendapat gambaran kasar bahwa gangguan memang terdapat pada ginjal yang membesar. Apabila dari pemeriksaan USG muncul dugaan kuat bahwa itu adalah tumor Wilms yang belum menyebar ke organ tubuh lain, seperti ke lever, paru-paru atau kelenjar di sekitar ginjal, maka perlu dilakukan CT-Scan ( pemeriksaan dengan menggunakan gelombang ultrasonik untuk mendapatkan gambar jaringan organ tubuh tertentu ). Guna mengetahui sejauhmana penyebarannya ke kelenjar.

Nah saya potong dulu  mengenai artikel Berjudul Wapadai Setiap Benjolan Di Tubuh tunguu sobat artikel lanjutan ini.

Tetep Tongkrongin awanukaya.com dapatkan artikel-artikel menarik dan bermanfaat lainya ( Ifan21 )