Tidur sangat penting bagi bayi Awan Ukaya

Tidur sangat penting bagi bayi

Tidur memiliki manfaat yang sangat besar untuk pertumbuhan manusia, tidak hanya pada orang dewasa namun hal ini lebih besar pengaruhnya pada bayi. Keuntungan tidur yaitu untuk memberi kesempatan mengistirahatkan tubuh. dan untuk memberi kesempatan meningkatkan proses metabolisme, yakni proses pengolahan nutrisi menjadi energi yang dibutuhkan.

Saat tidur, pertumbuhan fisik bayi akan terpacu. Dengan begitu, lama tidaknya tidur bayi berkaitan erat dengan pertambahan berat badan, tinggi badan, dan kesehatan fisiknya secara umum. Bayi yang tidurnya kurang biasanya pertumbuhan fisiknya tak sebagus bayi yang tidurnya cukup.

Manfaat lain dari tidur juga bisa disimak dari sebuah penelitian di London tahun 1998. Penelitian tersebut mengungkap bahwa bayi yang banyak tidur, perkembangan otaknya akan optimal. Mengapa demikian? Aktivitas tidur merupakan salah satu stimulus bagi proses tumbuh kembang otak. Hal itu bisa dimengerti karena 75% hormon pertumbuhan dikeluarkan saat anak tidur.

Hormon pertumbuhan inilah yang bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan. Selain itu, hormon pertumbuhan juga memungkinkan tubuh memperbaiki seluruh sel yang ada di tubuh, dari sel kulit, sel darah, sampai sel saraf otak. Proses pembaruan sel itu akan berlangsung lebih cepat jika si bayi sering terlelap.

Bayi sebenarnya tidak mengenal istilah sulit tidur atau kurang tidur seperti orang dewasa karena umumnya mereka memiliki pola tidur sendiri yang berbeda dari orang dewasa. Sebaliknya, tidak ada juga bayi yang “kebanyakan” tidur karena mereka akan langsung terbangun begitu merasa lapar, haus, dan sebagainya. Yang penting adalah waktu dan kualitas tidurnya yang cukup.