Tanda-tanda terkena osteoarthritis (bagian 1) Awan Ukaya

Tanda-tanda terkena osteoarthritis (bagian 1)

Jika sebelumnya kita hanya mengenal satu gejala yang timbul akibat dari osteoarthritis, maka kali ini saatnya kita kupas semua yang berhubungan dengan tanda-tanda terkena osteoarthritis. Sehingga, kita bisa lebih musah mengatasi penyakit tersebut sebelum semuanya terlambat.

Berikut adalah tanda-tanda osteoarthritis, antara lain:

  • Pada mulanya, gejala biasanya timbul biasanya terjadi secara bertahap. Yang mana pada awalnya biasanya osteoarthritis hanya mengena satu atau sedikit sendi. Untuk sendi yang sering terkena adalah sendi jari tangan, pangkal ibu jari, leher, punggung sebelah bawah, jari kaki yang besar, panggul dan lutut.
  • Sementara jika hal ini dibiarkan, maka yang terjadi adalah nyeri yang terjadi biasanya akan bertambah buruk saat kita sedang melakukan olah raga.
  • Kemudian, beberapa penderita setelah merasakan nyeri, maka mereka biasanya akan merasakan kekakuan pada sendinya ketika bangun tidur atau pada kegiatan non-aktif lainnya. Akan tetapi, kekakuan ini biasanya menghilang dengan sendirinya dalam waktu 30 menit setelah mereka kembali menggerakkan sendinya.
  • Jika keadaan sudah semakin memburuk, maka sendi akan menjadi sukar digerakkan dan pada akhirnya akan terhenti pada posisi tertekuk.
  • Setelah itu, maka akan tumbuh pertumbuhan baru dari tulang, tulang rawan dan jaringan lainnya. Dan hal ini bukanlah suatu hal yang baik. Melainkan, hal ini bisa menyebabkan membesarnya sendi, dan tulang rawan yang kasar, sehingga menyebabkan terdengarnya suara gemeretak pada saat sendi digerakkan. Dari sini yang perlu diingat adalah pertumbuhan tulang (nodus Herbeden) yang terjadi biasanya akan sering terjadi pada sendi di ujung jari tangan.

Selanjutnya, silahkan baca di artikel bagian 2. Terimakasih.