Sembuhkan pilek dengan terapi dada Awan Ukaya

Sembuhkan pilek dengan terapi dada

Batuk dan pilek pada anak seringkali menjadi berkepanjangan, khususnya pada kasus infeksi saluran pernapasan dan pada anak yang hipersensitif. Pada kondisi tersebut, lendir yang keluar biasanya lebih banyak dan lebih kental. Sayangnya, anak belum memiliki reflek yang kuat untuk mengeluarkan dahak itu.

Anak yang menderita batuk pilek dengan lendir yang sangat kental biasanya tidak cukup dipulihkan dengan obat flu biasa untuk anak. Kini proses penyembuhan batuk pilek pada anak dapat dilakukan dengan bantuan chest therapy atau terapi dada.

Lendir, yang dihasilkan ketika anak mengalami batuk pilek, dapat menganggu proses oksigenisasi dan menjadi tempat berkembangbiaknya kuman sehingga masa infeksi pun akan menjadi lebih panjang. Oleh karena itu, chest therapy atau terapi dada dapat dilakukan sebagai salah satu cara untuk membantu proses penyembuhannya.

Pada terapi dada, yang pertama dilakukan adalah proses yetermi, dimana dada dan punggung anak dipanasi selama 8 sampai 10 menit, untuk merelaksasikan otot-otot pernapasan dan memperbaiki sirkulasi darah. Setelah itu, dilakukan proses inhalasi, dimana anak diminta untuk bernapas seperti biasa sambil menghisap obat yang akan melonggarkan nafas dan mengencerkan lendirnya.

Dosis obat yang dihisap adalah lebih rendah dibandingkan dengan dosis obat minum, namun lebih efektif karena langsung bekerja pada organ. Oleh sebab itu, cara tersebut sangat aman bagi anak-anak. Tahap terakhir dalam terapi dada adalah dengan menepuk-nepuk dan menggetarkan dada atau punggung untuk membawa lendir ke saluran besar pernafasan, sehingga anak secara otomatis akan batuk-batuk dan lendir pun akan keluar.