Sakit Gigi Yang Berakibat Panjang Awan Ukaya

Sakit Gigi Yang Berakibat Panjang

Gigi-geligi yang sehat, namun tidak terawat dengan baik, lambat laun akan rusak. Penyebab utama kerusakan gigi sulung adalah adanya asam di rongga mulut. asam ini terbentuk dari sisa-sisa makanan, terutama yang mengandung gula dan tepung, yang menempel pada gigi dalam waktu lama. Pada awalnya, sisa makanan akan membentuk palak, yakni lapisan di gigi yang berwarna agak kekuningan. Bila plak tidak segera dibersihkan, dalam waktu 20 menit saja, bakteri sudah berkembang biak bakteri ini akan mengubah gula ( sukrosa ) dalam plak menjadi asam yang nantinya merusak email ( lapisan keras yang menutupi permukaan gigi ). Keadaan ini lama-kelamaan membentuk lubang pada gigi. Bila email rusak, maka dentin ( bagian dalam gigi yang lebih lunak ) menjadi “sasaran”. Akibatnya, gigi pun sakit.

Khususnya pada anak usia balita, kerusakan gigi terbesar adalah terjadinya karies ( lubang gigi ) akibat susu dan makanan manis. Kerusakan yang dikenal sebagai nursing bottke caries ini, terjadi

Bila anak mempunyai kebiasaan tidur dengan botol susu di mulutnya. Cairan manis yang tertinggal atau mengenangi seluruh giginya sepanjang malam akan menyebabkan kerusakan gigi, kecuali keempat gigi seri bawah yang selamat  karena terlindung dari lubang giugi karena ditutupi oleh lidah.

kondisi tersebut diperburuk lagi dengan adanya perubahan pola makan anak sekarang.

makanan jenis keriogenik ( penyebab karies ), yang manis, lunak dan bersifat mudah melekat pada gigi seperti permen atau cokelat, menjadi makanan “favorit” anak-anak perkotaan. Padahal, jenis makanan ini mengandung gula, yakni sukrosa, yang menyebabkan gigi berlubang.

Kuman paling mudah berkembang biak dalam sukrosa. sebaliknya, bila jajanan anak lebihbersifat “alami” seperti buah-buahan maka gangguan karies bisa dikurangi. Buah-buahan juga mengandung gula, yakni fruktosa tetapi secara ilmiah tidak menyebabkan karies.

Demikian Sobat awanukaya.com mengenai artikel saya yang berjudul Sakit Gigi Yang Berakibat Panjang semoga bermanfaat ( Ifan21 )