Perkembangan si anak Awan Ukaya

Perkembangan si anak

Pengaturan makanan pada anak adalah sangatlah penting karena hal tersebut menyangkut kesehatan dan pertumbuhan si anak. Hal ini cukup sulit karena anak masih belum mengerti pentingnya makanan bergizi. makanan untuk anak sebaiknya memenuhi kecukupan energi dan semua zat gizi. Karbohidrat, protein, vitamin, mineral dan lemak harus diberikan dalam jumlah seimbang. Susunan hidangan disesuaikan dengan pola menu seimbang, kebiasaan makan dan selera makan anak. Begitu juga dengan bentuk dan porsinya, juga harus disesuaikan dengan daya terima, toleransi dan keadaan tubuh anak. Hal lain yang tak kalah penting adalah menjaga kebersihan makanan.

Kelompok makanan yang bersumber dari zat tenaga dapat diperoleh dari makanan yang mengandung karbohidrat, seperti beras, jagung, roti, kentang, mie, bihun, makaroni, ubi kayu, ubi jalar dan gula.
Sedangkan makanan bersumber dari zat pengatur adalah makanan yang mengandung protein, misalnya protein hewani (ikan, telur, daging, ayam, susu, keju) protein nabati (tahu, tempe). Makanan dari kedua kelompok inilah yang menurut pakar gizi tersebut berguna untuk pembentukan, pertumbuhan dan pemeliharaan sel-sel tubuh.

Pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan, protein memegang peran penting, untuk mencapai pertumbuhan yang optimal. Karena itu harus dipenuhi setiap hari lewat makanan sehari-hari.

Jadi, untuk memenuhi kebutuhan buah hati Anda, perhatikanlah konsumsi gizinya, mulai sejak dalam kandungan sampai tiga tahun pertama usianya.