Perkembangan bayi usia 1 tahun Awan Ukaya

Perkembangan bayi usia 1 tahun

Perkembangan anak usia 11 Bulan setiap harinya

Merangkak dengan kedua tangan dan kaki
Bayi sudah mulai bisa merangkak dan bergerak maju dengan bantuan tangan dan lututnya.

Duduk dengan seimbang
Kini si bayi telah dapat duduk dengan seimbang dalam waktu lama. ia sudah bisa bermain dengan riang gembira dengan sikap duduk yang santai.

Berjalan dengan kedua tangan dipegang
Saat ini anak mulai berjalan sambil merambat ke perabotan rumah. Bila dipegang kedua tangannya, ia akan mencoba melangkahkan kaki walaupun masih ragu-ragu.

Mampu akan minum sendiri
Saat ini bayi sudah dapat memegang sepotong roti lunak dan mampu memakannya sendiri. Latihlah terus sampai ia bisa minum dengan gelas yang dapat dipegang kedua sisinya.

Paham larangan
bayi menunjukkan sikap tertentu bila anda melarang melakukan sesuatu, namun kemudian ia melanjutkan kegiatan yang dilarang tersebut lagi. Hal ini karena bayi masih belum bisa mengingat dengan baik, sehingga anda perlu mengulanginya.

Berikut latihan untuk bayi:

  1. Mengenal bagian tubuhnya dan membuatnya mampu menunjukkan dengan kedua tangannya.
  2. Mengerti instruksi sederhana.
  3. melatih kemampuannya dengan cara memasukkan kotak kecil ke kotak yang lebih besar atau memasukkan lingkaran cincin plastik ke dalam lubangnya.
  4. Memperbanyak perbendaharaan kata, dengan cara selalu berbicara padanya, memberi tahu benda-benda baru di sekitarnya dan nama-nama orang yang dilihatnya/boneka-boneka koleksinya.
  5. Latihlah ia dengan sering dan teratur agar bayi anda lebih cepat mengerti dan menjadi cerdas.
     

Leave your comment here: