Perkembangan anak tidak sama Awan Ukaya

Perkembangan anak tidak sama

Berikut ini karakteristik tumbuh kembang anak yang berusia 2 tahun, namun hal ini tidak perlu menjadi patokan karena setiap anak memiliki keunikannya masing-masing:

Secara fisik
Anak menjadi lebih aktif dari tahun-tahun sebelumnya. Anak sudah dapat berjalan, berlari, memanjat, naik-turun tangga sendiri, dan melakukan kegiatan menggali. Mereka sudah dapat melempar bola dan menendang bola tersebut ke depan. Mereka sudah dapat melompat dengan kedua kakinya, dan berjinjit. Mereka dapat mengambil sesuatu sebagian dan kemudian mengembalikannya kembali. Membuka dan menutup wadah. Mereka sudah mulai berminat untuk menggunakan toilet dan merasa tidak nyaman jika popok yang dikenakannya basah.

Secara sosial dan emosional
Mereka mulai dapat bermain sendiri dengan berpura-pura, tanpa melibatkan orang lain. Egois, sulit berbagi dengan yang lain, namun senang bermain dekat dengan teman-teman sebayanya. Senang berkata tidak. Kadang melakukan sesuatu yang berkebalikan dengan apa yang diperintahkan kepadanya. Mereka senang meniru tingkah orang dewasa, ingin ikut mengerjakan pekerjaan rumah tangga. Memiliki perasaaan yang mudah frustrasi. Tidak mau ditolong, lebih pede dibandingkan tahun sebelumnya, dan mereka masih memerlukan rasa aman.

Secara intelektual
Mereka sudah dapat mengikuti perintah sederhana. Sudah dapat mengkombinasikan 3 kata atau lebih. Mereka sudah dapat mengkombinasikan 3 kata atau lebih. Mereka sudah dapat mengungkapkan perasaan dan keinginannya. Menggunakan objek tertentu untuk mewakili objek lain. Rentang perhatian masih sangat terbatas, dapat mengingat sajak yang pendek, dapat mengikuti lagu sederhana, mulai berfikir sebelum bertindak, sulit menentukan pilihan walaupun sangat ingin.