Perawatan cacar air pada anak Awan Ukaya

Perawatan cacar air pada anak

Cacar air, yang dikenal dengan istilah medis sebagai “chiken pox” merupakan penyakit infeksi yang menular yang biasa dialami oleh anak-anak. Penyakit ini memang sangat mudah ditularkan dalam kalangan anak-anak. Gejala yang terjadi biasanya adalah bahkan juga oleh penderita yang belum muncul bintik-bintik merah di kulitnya. Oleh karena itu, anda perlu ekstra hati-hati dengan anak anda karena bisa saja anak Anda tertular oleh anak lain yang belum tahu bahwa dirinya menderita cacar air.

Penularan dapat terjadi di mana saja. Masa inkubasinya sekitar 17 hingga 21 hari. Penderita akan tetap bisa menulari orang lain sampai bekas-bekas bintil yang kering itu bersih dari tubuhnya. Berikut adalah beberapa gejala cacar air yang biasa terlihat :

  1. Sakit kepala ringan.
  2. Demam (tidak begitu tinggi).
  3. Badan terasa lemas.
  4. Sebagian besar tidak menunjukkan tanda-tanda sakit, namun dapat langsung keluar bintik-bintik merah yang gatal dan khas.
  5. Bintik merah biasanya muncul 24 hingga 36 jam setelah gejala di atas muncul. Dimulai dengan bercak merah yang menutupi sebagian besar tubuh (wajah, anus, kepala, dan lain sebagainya).
  6. Bintik-bintik tersebut akan terasa gatal dan segera tumbuh menjadi bintil yang berisi air, dan akn berubah menjadi keropeng dalam waktu 6 hingga 8 jam.
  7. Jika keropeng ini digaruk, maka keropeng itu akan menjadi luka yang akan meninggalkan bekas.
  8. Penyakit akan berakhir 4 hingga 7 hari.