Peranan DHA dalam Otak Awan Ukaya

Peranan DHA dalam Otak

Mungkin banyak dari kita sudah tahu lewat majalah atau televisi tentang iklan makanan / suplemen yang menyertakan DHA sebagai ajang promosi mereka. Namun ternyata kita tidak tahu apa itu DHA, entah itu sebuah vitamin / kegiatan mungkin kita hanya bisa menduga-duga dan mengapa DHA sangat berperan bagi pertumbuhan otak si kecil. Silahkan simak bahasan dibawah ini

Pengertian DHA
Berdasarkan penelitian, komponen utama jaringan otak terdiri atas DHA atau asam dokosaheksanoat dan AA atau asam arakhidonat. Sejumlah besar DHA ini terdapat dalam retina mata, sehingga dapat disimpulkan bahwa DHA dan AA diperlukan untuk perkembangan otak dan ketajaman penglihatan. DHA dan AA adalah kelompok asam lemak yang terbentuk lewat proses sintesis biokimia dengan bantuan enzim yang tersedia dalam sistem saraf pusat dan hati.

Sebenarnya DHA sudah terkandung dalam ASI, tapi bagi kasus-kasus tertentu seperti ASI Ibu yang tidak mencukupi atau tidak keluar sama sekali, atau pada bayi prematur yang belum cukup enzim untuk membentuk DHA, tambahan DHA memang diperlukan dalam susu formula untuk perkembangan otak dan ketajaman penglihatannya. Lalu, bagaimana peranan DHA sendiri bagi perkembangan otak si kecil?

Peranan DHA dalam Perkembangan Otak
Sebagai komponen struktural yang penting pada otak dan retina, asam lemak tak jenuh ganda terutama terdapat pada phospolipid membran yang berperan penting dalam sifat-sifat fisik dan fungsi membran. Dua asam lemak utama pada otak itu adalah DHA dan AA yang berperan dalam perkembangan saraf bayi.