Penyebab anak kurus Awan Ukaya

Penyebab anak kurus

Penyebab anak kurus

Idealnya, berat serta tinggi badan balita harus bertambah setiap bulannya. balita anda terasa kurang perkembangan fisiknya, anda mencari penyebab dan jalan keluarnya.

Pada dasarnya, tumbuh kembang bayi terletak pada bagaimana orangtua mereka meperlakukan mereka. Apakah para orangtua memberi makanan ala kadarnya, ataukah ia selalu memberikan makanan sehat yang sesuai untuk bayinya. Pola makan tidak baik, sehingga berat dan tinggi badan anak  tidak sesuai usianya.

Tinggi badan melebihi ukuran ideal usia, sementara berat badannya ideal. Walau anak tampak kurus, dia termasuk sehat.

Aktivitas berlebih. Sehingga asupan nutrisinya perlu disesuaikan lagi dengan banyaknya energi yang keluar.

Anak menderita sakit, tuberkulosis (TB), gangguan pencernaan dan penyerapan makanan atau gangguan tiroid. Pengobatan serta pantauan dokter sangat penting hingga penyakit hilang.
Usahakan teratur memeriksakan si kecil ke dokter. Selain memantau kondisi kesehatan dan memberikan imunisasi, dokter juga mengukur dan membuat catatan berat dan panjang/tinggi badannya.untuk anak usia di bawah 3 tahun, lingkar kepala pun selalu diukur.

Hasil pengukuran tersebut diplot pada kurva pertumbuhan anak yang dapat dilihat pada catatan kesehatan (medical record) balita anda. Di indonesia, dipakai 2 jenis standart berat serta tinggi badan ideal menurut usia dan jenis kelamin balita, yaitu dari departemen kesehatan, yaitu kartu menuju sehat (KMS) dan yang diadaptasi dari Amerika yaitu Nasional Centre for Health Statistic (NCHS).