Pengertian penyakit kanker paru-paru primer Awan Ukaya

Pengertian penyakit kanker paru-paru primer

Berbicara mengenai penyakit paru-paru, tentu saja membuat kita jadi ngeri. Karena kebanyakan jenis penyakit paru-paru itu biasanya menular. Misalnya seperti TBC gitu.. Tapi, apakah semua jenis penyakit paru-paru itu menular? Mau tahu lebih lanjut? Simak artikel berikut ini:

Perlu Anda tahu bahwa pada dasarnya, penyakit paru-paru itu dibagi menjadi 2 macam. Yaitu penyakit kanker paru-paru primer dan kanker paru-paru sekunder. Keduanya merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan membutuhkan beberapa penanganan khusus untuk mengobatinya. Itulah sebabnya saya jelaskan terlebi dahulu tentang penyakit kanker paru-oaru primer. Antara lain:

Kanker paru-paru primer

Begini, dimulai dari kanker paru-paru primer, penyakit jenis ini memiliki 2 type utama. Yaitu Small cell lung cancer (SCLC) dan Non-small cell lung cancer (NSCLC). Yang mana ke-dua jenis penyakit tersebut bisa pula dijelaskan seperti berikut ini:

Small cell lung cancer (SCLC) adalah jenis penyakit kanker paru-paru primer yang erat kaitannya dengan perokok aktif maupun pasif. Jenis penyakit ini berupa sel yang kecil-kecil (berjumlah banyak). Jenis sel-sel ini memiliki daya pertumbuhan yang sangat cepat. Sehingga sel tersebut akan cepat membesar. Biasanya disebut “oat cell carcinomas” (karsinoma sel gandum). Jika hal ini terjadi pada orang yang Anda kenal, maka ada baiknya jika Anda mau memberikan saran untuk segera melakukan tindakan chemotherapy and radiation therapy. Sehingga penyakit tersebut bisa segera ditangani.

Sedangkan untuk Non-small cell lung cancer (NSCLC) merupakan jenis dari penyakit kanker paru-paru primer berupa pertumbuhan sell tunggal, tetapi seringkali menyerang lebih dari satu daerah di paru-paru. Misalnya Adenoma, Hamartoma kondromatous dan Sarkoma.

Semoga bermanfaat!

     

Leave your comment here: