Pemeriksaan usg aman untuk bayi Awan Ukaya

Pemeriksaan usg aman untuk bayi

Menjaga kesehatan mungkin selalu menjadi perhatian utama bagi manusia. Apalagi mereka para Ibu hamil. Ibu hamil sering diminta untuk melakukan pemeriksaan USG (ultrasonografi) secara berulang-ulang. Kadang, timbul keraguan apakah pemeriksaan itu berisiko membahayakan bayi di kemudian hari misalnya dapat menyebabkan hambatan pertumbuhan si kecil nantinya. Tapi para ahli di Australia menyakinkan bahwa pemeriksaan USG yang sering tidak membahayakan si kecil.

Pemeriksaan USG sudah dilakukan sejak 30 tahun dan telah dilakukan untuk mengetahui perkembangan dan kesehatan janin. Dan penelitian terbaru di Australia, bahwa tidak terbukti akan adanya efek merugikan jangka panjang pada bayi.

Penelitian terbaru yang dilakukan terhadap 2.700 anak yang berusia 1, 2, 3, 5 dan 8 tahun. Penelitian ini untuk melihat apakah terdapat efek merugikan terhadap pertumbuhan mereka dengan dilakukannya pemeriksaan USG berulang yang dilakukan pada saat anak-anak tersebut masih dalam kandungan, lebih dari 18 minggu.

Sebagian anak tersebut dilakukan pemeriksaan USG hingga 5 kali saat masih dalam kandungan, dan sisa anak lainnya hanya dilakukan 1 pemeriksaan USG.

Hasilnya, ditemukan bahwa ukuran tubuh anak-anak tersebut tidak berbeda. Juga tidak terlihat perbedaan dalam perkembangan anak-anak tersebut seperti dalam bicara, perilaku, bahasa maupun perkembangan neurologikal.

Dengan adanya penelitian ini, para ibu hamil yang sebelumnya ragu untuk menjalani pemeriksaan USG diharapkan mau menjalani pemeriksaan USG untuk membantu mengetahui perkembangan dan kesehatan dari janin yang dikandungnya