Minyak ikan menguatkan otot orangtua Awan Ukaya

Minyak ikan menguatkan otot orangtua

Olahraga ringan dan mengonsumsi minyak ikan secara teratur bisa menguatkan otot di usia senja. Penelitian yang dilakukan Dr Stuart Gray dari Universitas Aberdeen, Amerika Serikat, menunjukkan wanita berusia di atas 65 tahun yang mendapatkan asam lemak Omega 3 dan berolahraga, memiliki otot dua kali lebih kuat dibandingkan mereka yang mengonsumsi minyak zaitun.

Tim Dr Gray berencana melakukan penelitian lebih lanjut dengan jumlah responden yang lebih besar untuk mengetahui secara persis kaitan antara minyak ikan dan kekuatan otot di kalangan manula. Beberapa penelitian sebelumnya mengaitkan Omega 3, yang bisa ditemukan di beberapa jenis ikan seperti mackerel dan sardin, dengan manfaat bagi kesehatan.

Para ahli misalnya menunjukkan manfaat minyak ikan yang disebutkan bisa mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner. Ketika usia makin bertambah, ukuran otot berkurang 0,5-2 persen per tahun. Proses yang biasa disebut sarcopenia menyebabkan manula sulit untuk menggerakkan anggota badan.

Di Amerika Serikat, 25 persen orang berusia 50-70 tahun mengalami sarcopenia, sementara di kalangan orang berusia di atas 80 tahun, proporsinya lebih dari 50 persen