Microsoft Word 2007 Awan Ukaya

Microsoft Word 2007

Microsoft Word 2007 merupakan aplikasi yang paling sering digunakan dalam paket Microsoft Office selama ini. Maka dari itu akan lebih mudah untuk beradaptasi dengan perubahan yang ada dalam Office 2007 melalui Word 2007 terlebih dahulu, di mana Word yang merupakan aplikasi text editor kali ini juga lebih lengkap dengan integrasi dan kolaborasi yang lebih mantap dengan aplikasi lainnya yang terdapat dalam Office 2007. Pertama-tama yang dapat anda perhatikan dalam Office 2007 pada umumnya juga tercermin dalam tampilan Microsoft Word 2007. Anda juga akan menemui lagi menu dan juga toolbar seperti versi Office yang terdahulu. Kini di kiri atas telah terdapat ikon Save, Undo, Typing, dan Print.

Sedangkan ikon Office yang menyerupai tombar Star pada Windows Vista, memiliki beberapa fungsi yang mirip dengan menu File pada Microsoft Office 2003 atau versi lainnya yang lebih lama. Di sini terdapat pula pilihan Save As yang dapat langsung menyimpan dokumen Anda ke dalam format PDF.

  1. Pada ribbon Home yang ada pada Word, terdapat porsi yang cukup besar yakni untuk styles yang di lengkapi dengan ikon untuk menunukan karakteristik yang digunakan untuk style yang bersangkutan.
  2. Style ini juga dapat memunculkan tampilan preview dari hasil yang dapat diperoleh apabila Anda menggunakan style tersebut pada beberapa atau seluruh bagian dari dokumen . Untuk melakukan ini anda cukup memblok beberapa bagian dari sebuah dokumen, lalu arahkan mouse pada salah satu style.
  3. dengan demikian anda akan mendapatkan tampilan preview. Bila dikatakan preview ini merupakan fitur tampilan “what you see is what you get” . Tetapi yang perlu diingat adalah sebelum anda benar-benar mengklik style yang dimaksud, maka bagian dokumen yang terpilih belum benar-benar berubah sesuai dengan style yang Anda pilih.

Ribbon Insert merupakan group dari fitur Shapes (anak panah, garis penghubung, dan lain-lain), Pages (cover page, blank page atau inserting a page break), Tables, Illustrations(dengan tambahan fitur SmartArt), Links, Header & Footer, Text, dan Simbols. Meskipun terdapat banyak ribbon dalam Office 2007 ini, tetapi susunannya tidak membuat pengguna binggung.

Jenis font Word 2007 secara default adalah Calibri, bukan Arial. Calibri merupakan jenis font yang mudah dibaca bentuk dokumen apapun. Namun demikian seperti halnya Word terdahulu, Anda juga dapat mengubah jenis font ini, sekaligus menyusun sendiri style yang anda inginkan dengan melakukan customisasi Style sesuai dengan penggunaan format text yang biasa Anda gunakan.

Semoga Bermanfaat ( Ifan21 )