Merawat Lipatan Kulit Awan Ukaya

Merawat Lipatan Kulit

kulit bayi baru lahir, khususnya bagian lipatan, sangat peka dan mudah sekali iritasi. Itu sebabnya, sebaiknya anda memperhatikan perawatan bagian tubuh ini dengan baik.

Bayi memang memiliki kulit yang sensitif menurut saya apakah perlu bedak itu si kecil ?

Perlukah Bedak ?

Bila diperlukan, bedak tabur dapat digunakan pada bayi secara hati-hati ( jangan sampai terhirup ). selain itu, perlu diingat, kulit bayi bersifat sangat sensitif terhadap bahan-bahan kimia, termasuk yang terkandung di dalam bedak.

Bedak juga dapat menutup atau menyumbat pori-pori kulit, sehingga dikhawatirkan justru akan merangsang imbulnya iritasi. Kondisi ini akan semakin mempermudah terjadinya infeksi, baik oleh jamur maupun bakteri. Sehubungan dengan hal itu, bedak biasanya digunakan seperlunya secara hati-hati untuk mendinginkan, serta mengurangi gatal dan gesekan pada bayi yang mengalami kelainan kulit yang kering dan ringan.

Sebaliknya, bila ia mengalami kelainan kulit yang membasah, bedak tidak boleh digunakan, karena akan terbentuk gumpalan yang merupakan tempat yang baik untuk pertumbuhan kuman penyakit.

Tips Merawat Lipatan Kulit

1. Sebelum mandi, bersihkan bagian lipatan kulit dengan menggunakan kapas basah. Gerakkan kapas ke satu arah saja. lakukan hal yang sama pada bagian lipatan kulit yang lain dengan menggunakan kapas baru yang bersih

2. Saat mandi, bersihkan seluruh permukaan tubuh bayi secara perlahan-lahan dengan menggunakan waslap atau tangan yang telah dibasahi dengan air hangat dan sabun khusus untuk bayi. Bilaslah sampai seluruh sabun yang melekat di tubuhnya hilang.

3. Setelah selesai dimandikan, keringkanlah seluruh tubuh bayi, termasuk bagian-bagian lipatan kulitnya, dengan menggunakan handuk yang lembut.

Nah Demikian sobat awanukaya.com mengenai Merawat Lipatan Kulit, semoga bermanfaat sobat ( Ifan21 )