Merawat gigi sejak bayi Awan Ukaya

Merawat gigi sejak bayi

Berikut Tips seputar gigi:

  1. Gigi yang akan tumbuh memang membuat bayi rewel dan suhu tubuhnya agak menghangat, tetapi tidak membuatnya demam, diare atau tidak bisa tidur sama sekali. Jika hal-hal tersebut terjadi bersamaan dengan tumbuhnya gigi, segera periksakan ke dokter.
  2. Walaupun gigi sering muncul di usia enam bulan, pertumbuhan gigi berbeda pada setiap bayi. Anda hanya perlu khawatir jika sampai usia 1 tahun, gigi si kecil belum muncul.
  3. Setelah giginya tumbuh, jauhkan bayi dari mainan khusus untuk gigi yang bisa digigit (mengandung air). Airnya tersebut bisa bocor dan mungkin berbahaya jika tertelan.
  4. Kalau sulit makan dan minum susu, berikan tambahan cairan air putih dan jus buah.

tanda-tanda tumbuh gigi:

  1. Rewel di siang hari dan kadang-kadang juga di saat tidur malam di seputar mulut dan gusi. Bisa berupa rasa gatal atau nyeri.
  2. Menggigit-gigit jari atau mainannya.
  3. Tidak nafsu makan. Tak perlu terlalu khawatir, tetapi tetaplah mencoba memberi makanan yang lembut dan susu dalam jumlah yang cukup.
  4. Suhu tubuhnya turun naik. Jika tidak sedang flu dan suhu tidak tertambah panas (lebih dari 38,5 derajat celcius), tak perlu panik, karena suhu tubuh akan normal dengan sendirinya. Kalau perlu berikan obat penurun panas.
    Untuk bayi di atas usia 4 bulan, jika perlu berikan obat oles khusus untuknya yang bebas alkohol untuk memberi rasa dingin di seputar gusi.

Merawat Gigi Sejak Bayi:

  1. Sikat giginya sejak gigi pertamanya muncul. Gunakan sikat gigi khusus untuk seusianya.
  2. Hindari pemakaian pasta gigi meskipun khusus untuk anak-anak. Jangan pernah membiarkan bayi tidur dengan botol susu, sari buah, atau teh manis di mulutnya. Kandungan gula bisa merusak giginya. Bila haus disela-sela waktu tidur, biasakan memberinya air putih.
  3. Batasi makanan manis yang boleh dikonsumsi si kecil.
  4. Tetapkan jadwal sikat gigi, misalnya bangun tidur, sehabis makan atau sebelum tidur. Membiasakannya sikat gigi dari awal, akan melatih disiplinnya selain juga membuat giginya selalu bersih dan terhindar dari kerusakan gigi.