Menyiapkan Susu Sehat dan Bersih Awan Ukaya

Menyiapkan Susu Sehat dan Bersih

ASI yang diberikan ibu pada bayinya dengan cara menyusui adalah makanan terbaik bagi bayi. Selain kandungannya ideal sesuai kebutuhan bayi yang sedang bertumbuh, ASI yang diberikan lewat menyusui juga segar, bersih dan bebas kuman penyakit. Tapi, bila sang ibu memiliki masalah dengan ASI (tidak keluar). Maka cara lain untuk memberi makanan pada bayi yakni memompa keluar ASI dan memberikannya pada bayi lewat botol, atau memberikan susu formula.

Baik alternatif pertama maupun kedua, memiliki satu syarat mutlak: susu harus bersih dan steril agar bebas dari kuman penyakit. Jika tidak, salah-salah bayi malah terserang sakit perut dan diare! Karena itu, pastikan kebersihan dan sterilitas susu bayi, wadah penampung, pompa ASI, sampai dot susu.

Langkah demi langkah menyiapkan susu bersih dan steril

Sediakan peralatan penyimpan susu yang layak, seperti:

  1. Botol susu
    Idealnya Anda menyediakan 8 botol ukuran penuh (250 ml/8 oz) jika bayi Anda mendapat susu botol secara penuh (tidak disusui sama sekali).
  2. Dot
    Belilah dot dalam jumlah cukup untuk cadangan, dan simpanlah dalam keadaan siap pakai dalam wadah steril, agar sewaktu-waktu dapat dipakai jika diperlukan. Baik juga Anda mengenal jenis-jenis dot agar memudahkan pemilihannya.

Susu untuk si kecil harus bersih dan steril agar bebas dari kuman penyakit. Jika tidak, salah-salah bayi malah terserang sakit perut dan diare! Karena itu, pastikan kebersihan dan sterilitas susu bayi, mulai dari wadah penampung, pompa ASI, sampai dot susu.

Sumber: Buklet Prenagen