Meningkatkan bahasa balita anda Awan Ukaya

Meningkatkan bahasa balita anda

Untuk meningkatkan kemampuan komunikasi anak, anda harus sesering mungkin aktif membantu anak anda agar dapat komunikasinya berkembang dengan maksimal. Berikut adalah tips untuk membantu anda dalam berkomunikasi dengan anak anda:

Memberi banyak ide
Jika si kecil menunjuk burung sambil bertanya, jawablah, “Itu namanya burung.” Tambahkan pula, “Burung terbang di langit.” Bunda tak hanya menjawab pertanyaannya, tapi juga memberinya gagasan dan kata yang diasosiasikan. Beri nama sebanyak mungkin pada benda atau orang sambil menambahkan keterangan supaya ia semakin terbiasa mendengar dan mencoba memahami.

Menemani anak melihat buku bersama-sama
Pilihlah buku-buku yang merangsang dan mendorong si kecil untuk mengingat nama-nama dengan menunjuk gambar dan mengatakan, “Apa ini?” Asosiasikan tokoh dalam buku dengan karakter yang ada dalam kehidupan nyata. Sewaktu bunda menunjuk gambar pohon di buku, tunjuk juga pohon yang ada di halaman rumah.

Lakukan permainan kata-kata
Permainan ini sangat terkenal dan sangat simple. Ada pelajaran bahasa jadi lebih menyenangkan dengan lagu dan gaya. Anak batita senang sekali melakukan permainan tentang bagian tubuhnya dan mempelajari dengan cepat apa arti jari kakinya setelah melakukan permainan yang berhubungan dengan jari kaki beberapa kali. Bisa juga Anda mengajarkan lagu-lagu seperti “Topi saya bundar” atau “Dua mata saya” dan sebagainya.

Membicarakan tindakan yang anda lakukan kepadanya
Pada bulan-bulan sebelumnya, bunda mungkin sedah memberitahukan kepada si kecil tentang langkah-langkah penggantian popok. Sekarang, mudah untuk merawat anak Anda secara mekanistis, seperti mengganti popok dan memandikannya, tanpa perlu melakukan banyak dialog. Tapi, teruskan obrolannya, “Sekarang rian mandi ya? Sekarang rian tidur ya? dsb.

Sesering mungkin berbicara dengan menggunakan kalimat tanya
Anak Anda sepertinya menikmati nada dan intonasi suara ketika Anda atau orang di dekatnya mengajukan pertanyaan. Kalimat tanya menadakan bahwa Anda menerima tanggapan darinya, dan dia biasanya menjawabnya.

Memberi pilihan kepada buah hati
Contoh yang berkaitan dengan hal ini adalah, “nia mau robot atau mobil-mobilan?” Hal ini akan mendorongnya untuk menjawab dan merangsangnya untuk mengambil keputusan, selain mengingatkannya untuk membedakan dua buah benda.

Lakukan kontak mata dan sebut bayi Anda dengan namanya.
Tatapan secara intensif ke mata bayi yang selalu bertanya-tanya dapat mempertahankan perhatiannya. Kemampuan untuk merasa nyaman dalam melakukan kontak mata adalah latihan pengayaan bahasa yang akan menguntungkan si kecil seumur hidupnya. Juga, panggil selalu namanya sebagai salah satu pelajaran bahasa yang berhubungan dengan sosialisasi. Hal ini mengajarkan kepadanya untuk menggunakan nama ketika berbicara dengan orang lain.

Perbaiki ucapan si kecil dengan tenang.
Tujuan utama dari bahasa anak bayi adalah untuk mengomunikasikan ide, bukan kata-kata. Sebagian besar omongan anak mungkin belum dapat ditangkap ketika ia berusia kurang dari dua tahun. Adalah penting bagi anak batita untuk berbicara dalam bahasa bayi dan bereksperimen dengan suaranya tanpa campur tangan pihak lain untuk menyempurnakannya.

sumber: info-sehat.com