Memuji anak itu penting Awan Ukaya

Memuji anak itu penting

Pujian merupakan suatu hal sederhana berupa komentar positif yang diucapkan dengan nada yang hangat. Siapa pun pasti akan senang bila dipuji, sama seperti halnya anak-anak pun membutuhkan pujian. Memuji si buah hati akan membuat mereka mengerti bahwa mereka dihargai dan dicintai.

Kasih sayang dan perhatian orang tua kepada buah hatinya dapat dilihat dari bahasa tubuh, pandangan mata, dan juga perkataannya. Diyakini bahwa adanya perasaan dicintai pada diri seorang anak akan memberikan dampak positif bagi perkembangan jiwanya, karena mereka akan tumbuh menjadi anak yang percaya diri dalam menghadapi tantangan dan tidak mudah menyerah.

Pujian adalah bentuk cinta orang tua kepada anaknya. Agar pujian Anda lebih mengena, dekatilah si kecil dan pandang matanya, sebutkan nama si anak agar ia menaruh perhatian. Pujian Anda akan diacuhkan jika diucapkan dengan nada yang tidak tulus atau tidak sesuai dengan mimik muka dan intonasi. Terkadang memang sulit untuk menemukan hal yang layak dipuji. Tetapi berusahalah dan mulailah memberi pujian untuk hal-hal yang kecil terlebih dahulu. Tanpa pujian dari orang tuanya, seorang anak akan mencari cara negatif untuk mendapatkan perhatian ayah ibunya.

Jadi, tidak perlu takut memberi pujian, si kecil tidak akan menjadi manja atau besar kepala karena Anda sering memujinya. Pujian positif dan tulus layak mereka dapatkan atas usahanya mengerjakan sesuatu hal dengan baik. Si kecil akan merasa bangga dan senang karena orangtua mereka sudah memuji mereka dan mereka akan senang untuk melakukan hal terpuji lainnya.