Memperbesar Ukuran Font Untuk “Comment” Awan Ukaya

Memperbesar Ukuran Font Untuk “Comment”

Pengguna perintah “Comment” dalam file excel biasanya digunakan untuk mengoreksi atau memberi catatan khusus untuk pekerjaan yang dibuat oleh bawahan nda. Dengan memasukkan komentar dalam fungsi “Comment” tersebut, diharapkan si pembuat data dapat cepat memperbaiki laporannya. Biasanya fungsi ini digunakan bila si pembuat data jarang bertemu dengan atasannya, sehingga pemeriksaan laporan data hanya dilakukan dengan bantuan komputer melalui Microsoft Excel. Default-nya, comment memiliki ukuran huruf “delapan” dari jenis huruf “Tahoma”. dengan ukuran yang kecil tersebut, terkadang dapat menyulitkan pengguna yang memiliki sedikit gangguan penglihatan, jadi akan lebih baik bila ukuran huruf dapat diperbesar dari ukuran standarnya.

Oleh karena itu tri kali ini diharapkan dapat memberi solusi bagi masalah tersebut. Caranya adalah dengan menggunakan perintah makro. Seperti biasa, Program Visual BAsic Editor harus anda buka dari menu “Tools / Macro”. Kemudian di dalam program tersebut pilih “Insert / Module”. Salin perintah makro seperti yang tertera di dalam boks. Di sini jenis huruf dan ukurannya dapat anda ganti sesuai keinginan pada baris keenam dan ketujuh. Selanjutnya, jalankan perintah “Debug / Compile VBAproject”. dan simpan melalui menu “File”. Tutup Program Visual Basic Editor tersebut.

Kini anda tinggal menempatkannya di dalam menu bar. Pertama kali buka “Tools / Customize”, kemudian pastikan anda berada dalam tab “Commands”, di dalam bagian “Categoris” pilih “Marcos” dan lakukan drag and drop pada pilihan “Custom Button” di sampingnya ke dalam menu bar di atas. Klik kanan tombol baru tersebut, dan pilih “Assign Macro”. di dalam jendela yang terbuka klik pada pilihan “Fix Comments” dan tekan “OK”. Terakhir untuk mengganti icon standarnya anda dapat memilih “Change Button Image” pada saat anda mengklik kanan tombol baru tersebut. Sebagai langkah terakhir, tutup menu “Customize”. sekarang jika anda ingin agar huruf pada fungsi “COmment” terlihat lebih besar, anda tinggal mengklik tombol baru tersebut.

Nah Demikian sobat awanukaya.com mengenai Memperbesar Ukuran Font Untuk “Comment” semoga bermanfaat ( Ifan21 )