Memberi bayi makanan padat Awan Ukaya

Memberi bayi makanan padat

Pertumbuhan dan perkembangan harus diimbangi oleh makanan yang bergizi. Oleh karena itu, pemberian ASI / formula harus didampingi dengan pemberian makanan padat. Namun mungkin kita masih bingung kapan waktu yang tepat kita akan memberi anak kita makanan tersebut.

Buah hati ibu memerlukan asupan nutrisi yang memadai agar proses tumbuh kembangnya berlangsung secara optimal. Memasuki usia 6 bulan, si kecil memerlukan makanan tambahan selain ASI / formula guna memenuhi kebutuhannya akan zat-zat gizi. Pada masa penyapihan ini, Ibu harus sudah mulai memperkenalkan makanan padat sebagai pendamping dari ASI maupun susu formula.

Tumbuh Kembang Bayi
Perkembangan yang pesat dari si kecil terjadi pada usia 2 hingga 6 bulan. “Semburan” perkembangan otak dapat ibu lihat dari meningkatnya kemampuan si kecil dalam berinteraksi dan beradaptasi dengan sekelilingnya. Jika sebelumnya si kecil tidur dengan pola yang tidak beraturan, maka sejalan dengan meningkatnya kematangan otak, pola tidurnya menjadi lebih teratur, dan tidur malamnya pun menjadi lebih panjang. Si kecil juga menjadi lebih waspada dan lebih ‘gaul’ dengan orang-orang di sekelilingnya, karena memasuki usia 3 bulan, fungsi penglihatannya sudah menyamai orang dewasa. Meningkatnya kematangan otak juga akan menyebabkan meningkatnya pengendalian motorik mulut, dimana si kecil tampak mulai bisa mengatur hisapannya dan mulai berlatih mengunyah. Apalagi jika gigi pertamanya sudah mulai tumbuh, si kecil akan semakin senang memasukkan benda-benda yang bisa digenggamnya ke dalam mulut, sehingga kemungkinan masuknya kuman penyebab penyakit menjadi lebih besar.