Masalah Gigi Anak ? Awan Ukaya

Masalah Gigi Anak ?

Sobat awanukaya.com kali ini saya akan sedikit membahas tentang masalah Gigi pada anak. apa saja sih peran orang tua tentang gigi anak, dan apa saja sih.

Cekidot sobat awanukaya.com Masalah Gigi Anak ?

Pentingnya Peran Orang Tua

Idealnya, anak memeriksakan gigi ke dokter setiap tiga bulan sekali. pertimbangannya, kebersihan ( higiene ) gigi anak belum tentu terjamin, karena frekuensi gosok giginya masih belum teratur, pola makannya sangat bervariasi, serta biasanya ia menyukai makanan yang melekat pada gigi.

Apa lagi ? kebiasaan yang salah dalam memberi makanan dan minuman anak harus segera anda hentikan. sebagai gantinya, berikan buah-buahan segar secara bervariasi agar anak tidak cepat bosan. Tanamkan pula sikap disiplin pada anak sejak dini untuk selalu menggosok gigi seusai makan dan menjelang tidur malam. Pada awalnya, dampingi anak dan beri contoh cara menggosok gigi yang benar. Beri pengertian pada si kecil untuk tidak menelan pasta giginya, juga, berikan sikat gigi yang tepat untuk si kecil, sesuai usianya, misalnya sesuaikan ukuran sikat dengan usia anak.

Trainer Orthodontic Pengganti Kawat Gigi

Pada saat ini dipasaran tersedia trainer orthodontic, yakni alat untuk melatih gigi anak tumbuh dengan rapi. fungsinya untuk memperbaiki gigi sulung anak agar pertumbuhan gigi tetapnya menjadi bagus. Alat ini bisa menjadi alternatif dari pemakaian kawat gigi.

Cara kerja alat ini seperti membentuk bonasi, yakni gigi dipagari dengan alat yang terbuat dari karet, sehingga tidak menyakitkan. Cara pemakaianya sanga mudah. cukup dimasukan ke dalam gigi di rahang atas dan rahang bawah.

Agar lebih efektif, alat ini sebaiknya digunakan sedini mungkin sehingga gigi anak yang berjejal atau menonjol bisa dikoreksi dari awal. Alat ini bisa dipakai anak setelah pulang sekolah atau sebelum tidur saja, yaitu selamadi tidak makan. Umumnya, pemakaiannya sekitar 2 Bulan atau lebih, tergantung kondisi gigi anak.

 

     

Leave your comment here: