Manfaat buah duku Awan Ukaya

Manfaat buah duku

Buah duku nama lain Lansium Domesticum Corr berasal dari tanaman berkayu yang hidup bertahun-tahun. Buah duku tumbuh subur terutama didaerah bercurah hujan tinggi. Warna Buah duku mentah adalah hijau, bergetah dan rasanya sangat asam. Namun bila buah ini bertambah matang, kulitnya akan berubah kekuningan dan daging buah akan berasa manis. Buah ini enak sekali apabila dimakan dengan dingin, dan manfaat buah duku lainnya adalah sebagai pengusir nyamuk (untuk mengusir nyamuk bisa membakar kulit buah duku). Kulitnya juga dapat mengobati diare, kulit batangnya dan bijinya digunakan untuk obat malaria. Perasan biji duku memiliki khasiat obat, yaitu untuk obat sakit kepala. Batang kayunya sangat kuat dan digunakan sebagai bahan membuat kotak atau perkakas.

 

Kandungan yang terdapat pada buah duku

Setiap 100 gram buah duku mengandung kalori 7o kal, protein 1.0 gram, lemak 0,2 gram, karbohidrat 13 gram, mineral 0,7 gram, kalsium 18 mg, fosfor 9 mg dan zat besi 0,9 mg. Untuk kandungan kalori, mineral dan zat besi duku setingkat lebih tinggi dibandingkan dengan buah apel atau jeruk manis.

 

Manfaat buah duku

1.Sebagian orang juga percaya, benalu pohon duku dapat mengobati dan membasmi sel-sel kanker namun perlu penelitian khusus mengenai hal ini.

2. Bagian kulit buah dan bijinya juga bermanfaat untuk bahan baku obat penyembuh diare dan menurunkan demam.

3. Mengandung  serat yang bermanfaat untuk memperlancar sistem pencernaan, mencegah kanker kolon dan membersihkan tubuh dari radikal bebas penyebab kanker.

4. Kulit kayunya juga dapat digunakan untuk mengobati gigitan serangga berbisa dan sebagai obat disentri.