Macam-macam racun makanan dilihat dari asalnya Awan Ukaya

Macam-macam racun makanan dilihat dari asalnya

Mungkin terkadang kita tidak tahu bahwa makanan yang kita makan mengandung racun, sehingga secara tidak sadar hal ini membuat tubuh kita mnejadi tidak enak. Terlebih jika hal ini kalian konsumsi secara rutin, maka bisa saja tubuh kalian lambat laun akan menjadi peok. Hehehe..

Lalu, apa sih keracunan makanan itu?

Pernahkah kalian mengalaminya? Perlu kalian ketahui bahwa keracunan makanan adalah penyakit yang terjadi karena kita telah memakan makanan yang tercemar dengan kuman atau bahan kimia. Dari sini, dampak yang diperoleh bisa bermacam-macam. Bisa saja hanya mual biasa, pusing, kemudian tiba-tiba demam tinggi dan menggigil, atau bahkan bisa juga menyebabkan kematian. Hi…!! Ngeri..!

Selanjutnya, apa sih macam-macam racun makanan itu?

Begini, racun makanan itu sebenarnya ada bermacam-macam. Dan itu-pun juga terdapat pada jenis makanan tertentu. Seperti hal-nya pada HCN. Nah, dari sinilah orang yang keracunan HCN (asam Biru), biasanya ia terkena racun setelah makan singkong yang mengandung suatu glukosarida oleh pengaruh enzim akan menghasilkan HCN. Sehingga, jika tidak segera ditangani dengan benar, maka gejala keracunan singkong tersebut bisa meliputi mual dan muntah, sesak nafas, hingga koma. Racun jenis ini disebabkan oleh asam biru (HCN).

Sedangkan untuk racun yang sering menyerang kacang tanah, adalah aflatoxin. Racun jenis ini, merupakan racun yang dihasilkan oleh jamur aspergillus falfus. Dan yang kita bahas terakhir adalah asam bongkrek. Asam bongkrek ini terbentuk dari toksin yang terdapat pada tempe bongkrek. Yang mana asam bongkrek sendiri merupakan senyawa yang diproduksi oleh pseudomonas cocovenenans.

     

Leave your comment here: