Langkah-langkah pengobatan penyakit jantung koroner (bagian 1) Awan Ukaya

Langkah-langkah pengobatan penyakit jantung koroner (bagian 1)

Jika pada artikel sebelumnya kita hanya membahas tentang cara mencegah dan mengatasi, kemudian pengertian dari penyakit jantung koroner, juga bahaya dari penyakit jantung koroner, maka kini saatnya kita belajar tentang langkah-langkah pengobatan penyakit jantung koroner. Karena memang untuk penyakit yang satu ini memerlukan langkah-langkah khusus yang harus dilakukan. Jika, cara pengobatannya salah, maka penyakit ini bisa berakibat fatal. Itulah sebabnya jika kalian ingin tahu lebih lanjut, maka simak terus artikel berikut ini, antara lain:

Pada dasarnya dalam rangka melakukan pengobatan terhadap penyakit jantung koroner itu memerlukan beberapa pengujian yang harus dilakukan  oleh tim medis untuk mengetahui bagaimana kondisi penderita, dan seberapa jauhkah penderita mengalami penyakti tersebut. Sehingga, dengan cara inilah, sang dokter bisa tahu obat apa yang cocok untuk penderita dan bagaimanakah penanganan yang pas untuk penderita.

Nah, berikut adalah beberapa pengujian yang seringkali dilakukan oleh tim medis utnuk penderita jantung koroner, antara lain:

  • Coronary angiography/arteriografi. Nah, prosedur invasif ini dirancang untuk mengevaluasi arteri jantung di bawah x-ray. Sehingga, hal pertama yang dilakukan untuk penderita jantung koroner adalah dilakukan pengecekan lewat x-ray.
  • CT angiography. Cara ini menggunakan prosedur non-invasif. Langkah ini dilakukan untuk melakukan angiografi koroner.
  • Echocardiogram.
  • Elektrokardiogram (EKG).
  • Elektron-beam computed tomography (EBCT). Prosedur ini berfungsi untuk mencari kalsium dalam lapisan arteri. Dari sinilah jika ditemukan semakin banyak kalsium, maka semakin tinggi peluang Anda untuk menderita penyakit jantung koroner .
  • Yang terakhir adalah melaului resonansi magnetik angiography.

Untuk selanjutnya, silahkan baca di artikel selanjutnya!