Kurang tidur perburuk mental anak Awan Ukaya

Kurang tidur perburuk mental anak

Anak-anak yang tidak mempunyai waktu tidur yang cukup, akan menyebabkan prestasi di sekolah menurun dan juga mempunyai masalah pada perilakunya, mereka menjadi lebih agresif. Demikian yang sering terjadi pada anak-anak dengan ekonomi kurang dimana mereka harus ikut bekerja membantu orangtua untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga waktu tidur mereka menjadi kurang.

Penelitian ini dilakukan dengan membandingkan anak-anak kulit hitam dan kulit putih di Amerika. Dari 755 anak yang berusia 10 – 11 tahun, dimana sebagian besar merupakan anak kulit hitam, mempunyai waktu tidur yang kurang dari 9 jam perhari.

Mereka sering tidur larut malam, setelah jam 11 malam. Waktu tidur mereka lebih malam dari anak-anak kulit putih. Dan mereka harus bangun, dengan waktu yang kurang lebih sama, yaitu sekitar jam 7.40 pagi.

Akibatnya anak-anak ini sering mengantuk saat di sekolah dan kurang bersemangat mengikuti pelajaran. Hal ini yang menyebabkan mereka mempunyai prestasi di sekolah yang kurang baik, dan juga dapat menimbulkan perilaku yang agresif terhadap orang lain.

Sumber: The Archives of Pediatric Adolescent Medicine