Kolestasis Pada Bayi Awan Ukaya

Kolestasis Pada Bayi

Tidak banyak orang tahu mengenai kolestasis, kolestasis yaitu penyakit mempunyai gejala sama dengan penyakit kuning dan dapat menyerang bayi dibawah usia 12 bulan. Kolestasis adalah kelainan pada hati dan atau sistem empedu yang menyebabkan semua bahan toksik ( beracun ) yang seharunya dibuang ( diekskresi ) oleh hati dan saluran empedu terganggu alirannya dan menumpuk di dalam hati.

Sebagian dari bagian yang menumpuk ini bersifat meracuni dan merusak sel-sel hati, sehingga hati mengalami kerusakan berat yang disebut sebagai sirosis, dimana sel-sel hati diganti oleh jaringan ikat sehingga hati menciut, keras dan tidak lagi dapat menjalankan fungsinya yang sangat vital.

Akibat tingginya kadar bilirubin ( pigmen empedu ), kulit bayi berwarna kuning, selain itu air seni berwarna coklat atau kuning tua dan warna tinja sangat pucat.

Ketidaktahuan dan kesalahan atau keterlambatan diagnosa dapat mengakibatkan keterlambatan pertumbuhan, penyakit hati kronis dengan sirosis dan bahkan mungkin saja mengakibatkan kematian. Hal ini dijelaskan beberapa Okeh Prof. Dr. Roderick H.J. Houwen , Dari Universitas Pusat Kedokteran Utrecht, Negeri Belanda yang berkunjung ke bagian anak RSCM beberapa waktu lalu.

Nah Gimana Sobat awanukaya.com cukup dimengerti bukan Kolestasis Pada Bayi mulai sekarang sering-seringlah cek up ke dokter spesialis dokter anak / balita. terkadang kita tidak tau bayi kita benar-benar sehat atau tidak. Lebih baik apa salahnya meluangkan waktu untuk si kecil agar lebih sehat.

Demikian Sobat awanukaya.com semoga bermanfaat ( Ifan21 )