Kiat Menjadi Penulis Artikel Awan Ukaya

Kiat Menjadi Penulis Artikel

Sebenarnya bukanlah perkara yang mudah untuk menjadi seorang penulis artikel, dan itu berlaku bagi penuls yang tidak hanya asal jadi dalam menciptakan tulisanya. Kita tahu bahwa penulis  artikel di zaman sekarang dapat dengan mudah menemukan banyak sumber dari berbagai media seperti internet, tanpa harus melakukan observasi secara langsung, apalagi jika topik yang akan ditulis adalah sederhana dan dituntut waktu untuk mengerjakanya. Kita juga tidak bisa memungkiri bahwa semua itu juga dipengaruhi oleh aspek ekonomi yang dikejar oleh penulis.

Hal seperti itu rasanya sah-sah saja asalkan tetap mentaati kode etik bahwa tulisan yang dibuat tidak sangat keliatan sebagai karya plagiat yang tinggal meniru apa yang sudah dengan susah payah ditulis oleh penulis sebelumnya. Asalkan juga niat utama yang ingin dituju juga sudah tersampaikan yaitu memberikan manfaat bagi yang membacanya. Tulisan artikel memang harus memberikan informasi penting kepada pembacanya, baik yang terupdate ataupun berita lawas yang masih bermanfaat. Untuk terjun sebagai penulis artikel professional, kita juga harus benar-benar masuk ke dalam dunianya, memahami apa itu artikel, sebelum kita mengaplikasikan keahlian yang kita miliki sebagai penulis. Penulis itu banyak macamnya dan berbeda-beda pula bahasa penulisanya, ada penulis cerpen, novel, berita, skenario, dan penulis artikel.

Sebagai orang awam yang baru masuk ke dalam dunia penulisan artikel, perlu dipahami bahwa menulis artikel itu bukan hanya sekedar menyadur secara singkat berbagai tulisan yang kita ketemukan untuk dapat menjadi satu topik. Tapi penulis artikel yang baik adalah yang dapat mengungkapkan sendiri topik pembahasan artikel dengan menggunakan bahasanya sendiri, untuk itu penulis artikel juga sangat dituntut berwawasan luas. Jika tidak begitu, kita hanya pantas disebut tukang ngetik yang hanya bisa menyadur tulisan sebelumnya saja, bukan penulis apalagi penulis artikel.

.