Jangan Abaikan ( Ukuran Lingkaran Kepala Bayi ) Awan Ukaya

Jangan Abaikan ( Ukuran Lingkaran Kepala Bayi )

Banyak orang tidak menyadari, bahwa lingkaran kepala juga penting diketahui. Mengukur kepala bayi biasanya akan dilakukan pada pemeriksaan bayi  baru lahir dan pemeriksaan selanjutnya. Tapi, begitu bayi menginjak usia 1 tahun, biasanya pengukuran kepala sering diabaikan. Padahal, ukuran kepala bayi harus terus-menerus dipantau.

Standar ukuran normal

Kepala adalah bagian tubuh dimana otak tersimpan. Seperti kita ketahui, otak merupakan pisat pengendali untuk semua kegiatan yang dilakukan tubuh dan juga sebagai pusat kreativitas. Agar otak bisa bekerja optimal, dibutuhkan nutrisi yang tepat dan berbagai rangsang dari lingkungan.

Masalahnya sekarang, apakah ukuran lingkaran kepala anak dapat menunjukkan besar otakserta kapasitas kerjanya? Banyak ahli berpendapat, ukuran lingkaran dapat menunjukkan besar kecik otak yang terlindung didalamnya. Hal ini sekaligus menunjukkan seberapa besar jumlah sel dan jaringan syaraf otak yang ada didalam kepala bayi dab tingkat kemampuan atau kapsitas kerja ptak bayi. Jadi, bila pertumbuhan dan perkembangan otak bayi terganggu, dapat menyebabkan tidak tercapainya ukuran lingkaran kepala yang semestinya. Ini artinya, jumla sel otak dan sel syaraf yang ada menjadi lebih sedikit dibanding  otak yang berkembang normal. Tetapi, besarnya ukuran kepala bayi ini tidak salamanya sebagai tanda perkembangan otak berjalan sempurna. Ada standar ukuran linkaran kepala yang normal sesuai dengan ukuran bayi.

Para ahli berpendapat, umumnya lingkaran kepala bayi baru lahir normal, kueng lebih setengah dari panjang tubuhnya di tambah 10 cm. Pada bayi perempuan, lingkaran kepala saat lahir berkisar antara 31-36 cm. Sedangkan bayi laki-laki, lingkaran kepala normalnya berkisar 32-38 cm. Ukuran ini akan terus bertambah  menjadi sekitar 38 cm setelah ia berusia 2 tahunan. Pertumbuhan lingkaran  kepala akan melambat saat anak mencapai usia 18 tahun, atau selah ukuran tersebut berkembang mencapai sekitar 58 cm.

Masih ada artikel lanjutanya sobat Yang berjudul Jangan Abaikan ( Ukuran Lingkaran Kepala Bayi ) 2 Ditunggu ya sobat.

Atau Anda bisa langsung klik lanjut untuk melanjutkan KLIK LANJUT