Gejala-gejala yang ditimbulkan dari osteoarthritis Awan Ukaya

Gejala-gejala yang ditimbulkan dari osteoarthritis

Seperti yang saya katakan sebelumnya, bahwa di artikel sebelumnya kita telah membahas tentang penyebab dari osteoarthritis. Yang mana pada artikel sebelumnya, osteoarthritis itu pada akhirnya akan membuat permukaan tulang rawan yang halus dan licin berubah menjadi kasar dan berlubang-lubang, sehingga jika hal ini dibiarkan, maka sendi tidak lagi dapat bergerak secara halus.

Semua komponen sendi yang dimaksud meliputi tulang, kapsul sendi, jaringan sinovial, tendon dan tulang rawan. Dari sinilah, jika terjadi osteoarthritis, maka sendi tersebut akan mengalami kegagalan dan terjadi kelainan sendi.

Selanjutnya, kita akan membahas mengenai gejala-gejala yang timbul akibat dari osteoarthritis. Namun, sebelum kita membahas mengenai gejala-gejala tersebut, marilah kita ketahui terlebih dahulu bahwa osteoarthritis itu dikelompokkan menjadi dua, yaitu:

  • Osteoartritis primer. Jenis ini, penyebab penyakit tersebut tidak diketahui.
  • Osteoartritis sekunder. Sedangkan untuk jenis osteoarthritis ini, penyebabnya adalah adanya penyakit lain, termasuk penyakit Paget atau ineksi, kelainan bentuk, cedera atau penggunaan sendi yang berlebihan.

Nah, dari sinilah setelah kita mengenal pengelompokan osteoarthritis, barulah kita kenali gejalanya, yaitu sebagai berikut ini:

  • Jika seseorang dengan usia 40 tahun melakukan x-ray, maka kebanyakan dari mereka pasti akan menghasilkan hasil x-ray yang memperlihatkan mulai terjadinya osteoartritis, terutama pada sendi penopang beban seperti sendi panggul. Dari sini, biasanya hanya sedikit yang memiliki gejala.

Untuk gejala selanjutnya, silahkan baca di artikel selanjutnya pada tanda-tanda osteoarthritis.