Efek baik melamun Awan Ukaya

Efek baik melamun

Melamun sering dianggap sebagai kegiatan negatif karena memikirkan hal tanpa berbuat apa-apa. Namun rupanya secara mental banyak keuntungan yang bisa didapat dari kegiatan melamun. Selain membuat semangat kembali, banyak hal positif lain dampak dari melamun. Berikut manfaat melamun

Santai
Melamun membuatkan pikiran Anda beristirahat. Liburan sebentar yang membuat tensi serta kecemasan Anda segar kembali. Melamun juga sangat berguna untuk mengendalikan kecemasan serta phobia.

Memperbaiki Hubungan
Pasangan biasanya kerap memikirkan pasangnya dikala mereka jauh. Hal itu ternyata secara psikologis dalam mempererat hubungan. “Kita melamunkan seseorang yang kita cinta. Kita membayangkan berbagi hal berita baik dengannya, bersama dengan kesuksesan dan kegagalan Anda. Pasangan tak bahagia melamun tentang argumen dan dan konflik sementara individu bahagia selalu berpikir positif,” ujar James Honeycutt, PhD penulis Imagined Interactions: Daydreaming about Communication dilansir dari Webmd, Rabu (25/7/2007).

Mengendalikan Konflik
Melamun juga terbukti bisa berguna untuk mengendalikan konflik dalam diri Anda. Seorang ahli psikoterapi Tina Tessina menyebut metode ini seperti memutar kaset. Anda hanya harus memutar kembali kejadian yang telah berlalu dalam pikiran Anda. Bayangkan dan ambil respon yang berbeda tiap kali Anda mengingat kejadian tersebut. Coba lakukan beberapa kali dan Anda akan mulai mendapatkan cara terbaik untuk mengatasi masalah Anda.

Meningkatkan Produktifitas
Saat Anda penat dengan segala daftar pekerjaan harian Anda, ada baiknya luangkan sedikit waktu untuk melamun. Mengkhayalkan hal indah dan menyenangkan bisa membuat pikiran segar kembali dan tak terlalu pusing. Lakukan beberapa menit saja cukup untuk membuat pekerjaan Anda rampung dengan semangat kembali membara.