Earphone Jack Adapter Untuk Palm III Awan Ukaya

Earphone Jack Adapter Untuk Palm III

Salah satu hal yang paling didambakan oleh para pengguna Palm lama adalah hadirnya tata suara yang lebih baik dari sekedar bunyi mono seadanya yang dihasilkan oleh buzzer piezo. Berikut sobat awanukaya.com akan saya beri salah satu solusi untuk menambahkan sebuah konektor earphone (headphone ) ke Palm III lama anda.

Untuk menyelesaikan langkah – langkah yang diberikan di sini, anda memerlukan beberapa alat bantu, yaitu obeng Philips segi-delapan, solder, beberapa cm kabel kecil, sebuah resistor mini jack earphone / Headphone, dan sebuah konektor serial 10 pin ( kabel hotsync atau kabel modem untuk Palm III ). Baca dan ikuti langkah-langkah berikut ini dengan seksama untuk mendapatkan hasil yang diinginkan.

Menambah Kabel

Langkah pertama adalah menambah kabel untuk mengambil sinyal audio dari buzzer Palm. Ujung buzzer harus dihubungkan ke pin nomor 9 pada konektor Palm. Ini adalah satu-satunya pin yang tidak terhubung ke mana-mana, sehingga kita aman menggunakanya.

Satu ujung kabel dihubungkan ke sisi atas titik solderan buzzer ( Gambar tengah ). Ujung lainnya dihubungkan ke pin nomor 9 pada konektor ( gambar kanan ) tidak usah menghiraukan dua kabel hitam yang terhubung ke pin nomor 4 dan 10. Kedua kabel ini terhubung ke LED tambahan yang hanya berfungsi sebagai hiasan.

Membuat Adapter

Langkah berikutnya adalah memasang jack earphone ke ‘rumah’ konektor. Pertama, bongkar rumah konektor kabel hotsync atau kabel modem dengan hati-hati. Lepaskan kabel-kabelnya jika anda menggunakan kabel hotsync/modem bekas. Lubang tempat keluar kabel ukurannya pas untuk menempatkan jack earphone. Pasang jack earphone disini.

Pin ground pada jack earphone ( bagian pinggir yang melingkari pin sinyal di tengah ) dihubungkan ke pin nomor 10 pada konektor hotsync/modem ( atas). Hubungan ini dilakukan secara langsung dengan kabel kecil. Pin Sinyal pada jack earphone dihubungkan ke pin 9 pada konektor hotsync/modem. hubungan ini dilakukan secara tidak langsung melalui sebuah resistore 1 ( bawah 0 rakit kembali rumah konektor dengan benar dan adapter earphone / Headphone anda telah siap untuk digunakan. Selamatmencoba dan nikmati tata suara yang lebih merdu pada Palm III lama anda.

 

Catatan : Pemilihan nilai resistor perlu dilakukan dengan hati-hati. Nilai yang terlalu kecil akan memperbesar volume suara, tetapi mempercepat habisnya baterai. Sebaliknya, nilai yang terlalu besar membuat suara tidak kedengaran.

Demikian sobat awanukaya.com mengenai Earphone Jack Adapter Untuk Palm III semoga bermanfaat ( Ifan21 )