Dampak gigi berlubang bagi jantung Awan Ukaya

Dampak gigi berlubang bagi jantung

Ngomongin soal gigi berlubang, pernahkah kalian sadari bahwa ternyata gigi berlubang itu memberikan dampak buruk bagi kesehatan jantung kita? Tapi, bagaimana bisa ya? Mau tahu lebih lanjut? Simak terus artikel saya berikut ini:

Yang mana, hal ini pernah dinyatakan oleh Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Dokter Gigi Indonesia, Dr. drg. Zaura Rini Anggraeni, MDS. Beliau berkata bahwa gigi berlubang yang tidak segera ditangani dapat memicu penyakit kronis pada jantung. Penyakit tersebut bisa saja meliputi infeksi katup jantung.

Lalu, apa hubungan gigi berlubang dengan penyakit jantung?

Begini, perlu kalian ketahui bahwa di dalam gigi berlubang itu biasanya terdapat bakteri Streptococcus. Yang mana bakteri ini nantinya akan menggerogoti email gigi sehingga akan menyebabkan gigi berlubang dan menimbulkan infeksi pada daerah mulut dan gigi. Lebih buruknya lagi adalah jika infeksi gigi sudah terjadi, maka infeksi ini akan dengan mudah menyebar oleh pembuluh darah. Sehingga hal ini akan mempermudah kuman untuk bercokol di jantung. Dan itu artinya, hal ini tidak akan berhenti sampai disini. Karena mengikuti aliran pembuluh darah, Streptococcus tidak hanya akan menyerang jantung tetapi juga ginjal, paru-paru, lambung, bahkan memperparah kondisi gula darah pada penderita diabetes melitus

Apakah penyebab munculnya bakteri streptococcus itu?

Pada dasarnya bakteri ini muncul karena kondisi gigi yang kotor, tidak disikat dengan bersih dan dirawat dengan baik. Itulah sebabnya jika saat ini kalian kurang memperhatikan kebersihan gigi, maka mulailah membiasakannya dari sekarang untuk merawat gigi. Minimal 2 kali sehari harus sikat gigi, gitu,,!