Cegah kegemukan anak dengan tidur Awan Ukaya

Cegah kegemukan anak dengan tidur

Rutin berolahraga dan pola makan yang sehat selama ini dikenal sebagai cara untuk menjaga berat badan tetap normal, tapi sebuah riset mutakhir menyebutkan adanya solusi baru untuk melawan kegemukan pada anak-anak, yaitu dengan tidur.

Melalui riset yang dilakukan oleh ilmuwan di University Northwestern, Inggris, diketahui bahwa anak-anak yang cukup tidur akan memiliki indeks masa tubuh (BMI) lebih rendah dan risiko kegemukannya dalam lima tahun ke depan akan berkurang, dibandingkan dengan anak yang kurang tidur.

Menambah waktu tidur di  malam hari akan mengurangi kemungkinan kegemukan 30-36% pada anak-anak, dan 34% pada anak usia pra-remaja. Itu merupakan kesimpulan para peneliti yang juga dimuat dalam Journal Child Development.

Para peneliti melakukan pengumpulan data secara nasional terhadap 2.281 anak berusia 3 hingga 12 tahun. Orangtua anak-anak tersebut diberikan semacam jadwal harian untuk mencatat informasi seperti waktu mulai tidur, berapa lama, dan waktu bangun tidur. Pencatatan tersebut dilakukan selama lima tahun berturut-turut.

Dari jadwal harian tersebut, diketahui anak-anak yang kurang tidur, terbiasa tidur larut malam, atau bangun terlalu pagi, setelah lima tahun cenderung menjadi gemuk. Penelitian tersebut juga menunjukan bahwa tidur larut malam memiliki dampak yang besar terhadap kegemukan, terutama pada anak yang berusia 3 hingga 8 tahun. Sedangkan dampak kegemukan karena bangun terlalu pagi lebih banyak terjadi pada anak berusia 8 hingga 13 tahun.