Cegah kegemukan anak / bayi dengan ASI Awan Ukaya

Cegah kegemukan anak / bayi dengan ASI

Wanita yang menderita diabetes saat hamil cenderung memiliki bayi yang besar yang dapat memicu terjadinya obesitas pada anak nantinya. Namun dengan pemberian ASI, kejadian tersebut dapat dicegah.

Diabetes yang terjadi saat hamil disebut juga sebagai Gestasional Diabetes Melitus (GDM). Sebuah penelitian terbaru mengatakan bahwa bayi yang lahir dari ibu yang menderita GDM akan memiliki badan yang besar dan selanjutnya akan menyebabkan kegemukan pada masa kanak-kanaknya. Pernyataan tersebut pernah dijelaskan dalam Medical Journal Diabetes.

Selanjutnya para ahli dari Vivantes Medical Center dan Charite University Medical Center di Berlin, Jerman mempelajari kaitan antara ASI dan kegemukan pada anak, dengan meneliti 324 anak pada satu kelompok yang sama.

Para ahli juga meneliti wanita dengan GDM yang tergabung dalam Diabetes Prenatal Care Clinic dan Charite Medical Center antara tahun 1995 dan 2000. Selanjutnya mereka juga meneliti anak yang dilahirkan dari kelompok ibu tersebut saat usianya 2 dan 8 tahun.

Sebanyak 241 ibu (74%) dilaporkan menyusui anaknya, dimana sejumlah 77 bayi (24%) di berikan ASI hanya selama 3 bulan dan 164 bayi (50%) diberikan ASI lebih dari 3 bulan.

Hasil penelitian menunjukkan sebanyak 92 anak (28%) mengalami kelebihan berat badan. Para peneliti menduga bahwa pendeknya masa menyusui akan menyebabkan tingginya Body Mass Index (BMI) pada anak. Sedangkan pada anak-anak yang tidak diberi ASI sama sekali, 37%nya menderita kegemukan, bila dibandingkan dengan 32% anak yang diberi ASI selama 3 bulan dan 22% anak yang diberi ASI selama lebih dari 3 bulan.

Sumber : Medical Journal Diabetes