Cegah Diare pada Bayi dengan Probiotik Awan Ukaya

Cegah Diare pada Bayi dengan Probiotik

Probiotik yang merupakan mikroorganisme hidup yang menguntungkan, dan dikonsumsi karena dapat memberikan manfaat pada kesehatan, kini sudah mulai banyak yang dijual bebas dalam bentuk minuman maupun sebagai tambahan dalam susu formula. Dan menurut peneliti di Israel, probiotik dalam susu formula akan bermanfaat dalam mengurangi jumlah maupun lamanya diare ada bayi yang baru berusia kurang dari 1 tahun, dibanding dengan susu formula yang tidak mengandung probiotik.

Dua jenis probiotik yang diteliti adalah Lactobacillus reuteri dan Bifidobacterium lactis. Dan kelihatannya Lactobacillus reuteri, memberikan hasil yang lebih baik.

Penelitian yang dilakukan di perawatan, dilakukan terhadap 201 bayi yang berusia kurang dari 1 tahun. Bayi-bayi ini diberikan susu formula yang ditambahkan dengan Lactobacillus reuteri, Bifidobacterium lactis dan susu tambahan penambahan probiotik. Semua bayi ini merupakan bayi yang sehat.

Hasilnya, bayi-bayi yang mendapat susu dengan tambahan probiotik mengalami diare yang lebih pendek waktunya dan lebih jarang frekuensinya. Selain itu juga,lebih jarang mengalami demam. Dibandingkan dengan kelompok bayi lainnya, kelompok bayi yang mendapat probiotik Lactobacillus reuteri juga secara bermakna berkurang dalam kunjungan ke klinik, ketidak hadiran dalam perawatan anak, mendapat resep antibiotika dan mengalami demam.

Penelitian ini merupakan penelitian pertama yang membandingkan antara dua jenis mikroorganisme probiotik dan efektifitasnya dalam mencegah penyakit-penyakit infeksi yang umum dialami oleh bayi.

Sumber: Jurnal Pediatrics