Cedera kepala bisa berakibat fatal Awan Ukaya

Cedera kepala bisa berakibat fatal

Anak-anak yang mengalami cedera kepala, bahkan yang ringan sekalipun dapat mengalami risiko jangka panjang, termasuk mengalami perubahan kepribadian dan tingkah laku serta bermasalah dalam proses belajarnya.

Biasanya setelah mereka pulang dari perawatan di rumah sakit, sedikit yang mendapat pengawasan lebih lanjut di rumah. Padahal banyak diantaranya yang masih menunjukkan bahwa ada yang salah? pada diri mereka, yang berakibat pada perubahan tingkah laku dan kemampuan belajarnya.

Penelitian yang dilakukan di Inggris, terdapat lebih dari 500 anak-anak yang menderita cedera kepala lebih dari 6 tahun yang lalu, menunjukkan bahwa satu dari lima anak yang mengalami cedera kepala, bahkan yang ringan sekalipun, menunjukkan adanya perubahan kepribadian. Orang tua mereka melukiskan seperti mempunyai anak yang lain.

Anak-anak dengan cedera kepala ringan, 43% mengalami masalah tingkah laku dan kemampuan belajar. Sedang mereka dengan cedera kepala yang lebih berat, dua pertiganya mengalami masalah tersebut, dan separuhnya mengalami perubahan besar dalam kepribadiannya.

Jadi bila anak-anak mengalami cedera kepala, bahkan yang ringan sekalipun seyogyanya mendapat pengawasan yang ketat di rumah. Bila ditemukan tanda-tanda mencurigakan, segeralah bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut, sebelum berpengaruh lebih jauh pada tingkah laku dan kepribadiannya.

Sumber: Journal of Neurology,