Cara merawat otak Awan Ukaya

Cara merawat otak

Otak merupakan salah satu hal yang terpenting dalam tubuh kita. Untuk itu kita harus selalu menjaga otak kita agar tetap sehat dan aktif, salah satu caranya adalah dengan senam otak sehat atau GLO.

Saat kita baru saja datang dari bepergian, kita dan setelah itu kita hendak bepergian lagi dari rumah, kita mungkin sering kali mengalami kehilangan kunci, hal ini dikarenakan otak kita yang mengalami kemunduran akan mengingat suatu hal

Pikun atau demensia yang terjadi seperti diatas seharusnya terjadi pada lanjut usia (lansia). Namun berita buruknya adalah di zaman sekarang sudah banyak yang terjadi pada anak muda. Demensia menyebabkan kualitas hidup penderitanya jelek dan hubungan sosial menjadi terganggu.

Proses menua dan usia lanjut memang proses alami. Fenomena menua ini juga terjadi pada otak. Hal yang paling dirasakan adalah kemunduran daya ingat (memori) dan ini bisa secara normal dan tidak normal. Inilah yang kemudian menyebabkan demensia. Kemampuan daya ingat yang menurun secara normal pada lansia disebabkan oleh proses berpikir menjadi lamban, kurang menggunakan strategi memori yang tepat, dan kesulitan untuk pemusatan perhatian dan konsentrasi. Ia juga memerlukan lebih banyak waktu untuk belajar hal yang baru, memerlukan lebih banyak isyarat untuk mengingat kembali apa yang pernah diingatnya.  Namun kita bisa memperlambat pikun dengan beberapa latihan khusus. Berikut adalah kiat memperlambat kemunduran otak :

1 Selalu belajar dan melakukan segala kegiatan yang dapat membuat otak anda aktif. Aktifkan pikiran dengan cara membiasakan membaca buku-buku yang bermanfaat, seperti membaca Al-Qur’an rutin, matematika, berhitung, merancang, atau memasak sangatlah bermanfaat.

2 Mengulang informasi penting yang baru diperoleh dalam ingatan

3 Latihan memusatkan perhatian/konsentrasi, misalnya: dengan berdzikir, shalat yang khusu’.

4 Ikut kegiatan sosial.

5 Tamasya

7 Rutin periksa ke dokter ahli, untuk deteksi dini demensia.

8 Membuat catatan atau biografi merupakan aktifitas lansia yang paling baik dan sangat berharga.

9 Menjaga kesehatan tubuh dengan pola hidup sehat seperti makan-makanan sehat, istirahat/tidur cukup, hindari rokok dan alkohol.

10 Melakukan Gerak Latih Otak (senam otak) dan olahraga lain

Untuk poin no. 10 akan kita bahas dalam postingan selanjutnya.