Cara menggendong bayi dengan benar Awan Ukaya

Cara menggendong bayi dengan benar

Menggendong bayi baru tampaknya memang gampang, bila anda masih belum terbiasa, maka anda perlu memperlajari bagaimana cara menggendong bayi dengan benar. Misalnya, tangan mana dulu yang sebaiknya menyentuh si kecil? Bagian mana dari tubuhnya yang perlu disangga? Kapan Anda dapat mengangkatnya? Jangan khawatir! Ikuti saja cara-cara berikut ini agar Anda mahir menggendong si buah hati.

Setelah 9 bulan merasakan hangatnya suasana dalam kandungan bunda, tubuh bayi yang baru lahir masih terus membutuhkan kehangatan tersebut. Menggendong dan memeluknya adalah cara yang tepat untuk menggantikan semua itu.

Ketika bayi Anda telentang di atas tempat tidur, sisipkan salah satu telapak tangan (tangan kiri misalnya) di punggung dan bokongnya. Kemudian, sisipkan telapak tangan kanan Anda ke belakang leher dan kepalanya.

Angkat si kecil secara perlahan. Seluruh tubuhnya tersangga dengan baik dan kepalanya tidak akan berputar karena sudah disangga oleh tangan kanan Anda.

Dengan hati-hati, pindahkan kepalanya ke bagian dalam siku atau bagian dalam lengan Anda. Dalam keadaan ini, bayi merasa nyaman karena kepala, leher dan seluruh tubuhnya tersangga dengan baik.

Untuk memeluk bayi dan menyandarkannya ke bahu Anda, sangga leher dan kepalanya dengan tangan yang lebih bebas (tidak menyangga leher dan kepala), lalu pindahkan posisi bayi menyandar ke bahu. Sangga berat badannya dengan cara meletakkan telapak tangan di bokongnya. Jaga kepala dan lehernya yang masih lemah dengan telapak tangan yang lain.