Bayi prematur wajib ASI Awan Ukaya

Bayi prematur wajib ASI

Bayi prematur yang sejak lahir telah diberikan ASI ternyata menunjukkan hasil tes perkembangan mental yang lebih baik pada kehidupan berikutnya, bila dibandingkan dengan bayi yang diberikan susu formula.

Para peneliti untuk pertama kalinya menunjukkan manfat ASI untuk bayi yang baru lahir dengan berat badan kurang dari 2 pound. Dengan kemajuan obat-obatan maupun teknik medis, bayi yang lahir prematur tersebut umumnya mendapatkan perlindungan dari rumah sakit. Pada bayi prematur, perkembangan otak yang normal yang seharusnya terjadi saat dalam kandungan pada trimester ke tiga kehamilan, ternyata harus mereka alami di ruangan rumah sakit.

Kandungan ASI, yaitu berupa asam lemak, ternyata dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak pada bayi prematur. Sedangkan pemberian ASI yang sangat minim akan membuat bayi menjadi mudah sakit dan memiliki kemampuan berpikir yang lebih rendah dibandingkan dengan bayi lainnya yang diberi ASI.

Dalam studi yang pernah dipublikasikan dalam jurnal Pediatrics menunjukkan bahwa anak yang diberi ASI lebih dari 3 bulan ternyata lebih rendah untuk mengalami ngompol saat tidur yang terlalu lama. Para peneliti tersebut meneliti sebanyak 1.035 bayi dengan berat badan lahir rendah yang berasal dari 15 rumah sakit. Sebanyak tiga per empat dari bayi tersebut menerima ASI sejak di rumah sakit, dan seperempat bayi lainnya diberikan susu formula.

Selanjutnya bayi-bayi tersebut pada usia 18 bulan dinilai dan hasilnya menunjukkan bahwa bayi yang menerima ASI memiliki nilai skor yang lebih tinggi untuk perkembangan mentalnya bila dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula. Jadi bagi Anda yang memiliki bayi prematur atau dengan faktor risiko lainnya disarankan untuk diberikan ASI sesuai dengan nasihat dokter.

Sumber : Jornals of Pediatrics