Bayi kurang gizi = kurus ? Awan Ukaya

Bayi kurang gizi = kurus ?

Memiliki bayi yang sehat dan sempurna merupakan harapan dari setiap ibu yang akan melahirkan. Namun, hal ini terkendala dengan kekurangan informasi yang dimiliki ibu muda dalam hal menjaga kesehatan dirinya sendiri. Karena hal ini dapat berdampak pada kesehatan bayi mereka kelak. Berat badan (BB) bayi yang baru lahir normalnya adalah sekitar 2.5 kg. Bayi kurus adalah bayi yang BB-nya saat lahir adalah rendah atau di bawah 2.5 kg. Salah satu penyebabnya dapat dipengaruhi saat si bayi masih berada dalam kandungan, yaitu ketika pembentukan dan pertumbuhan organ tubuh bayi dimulai.

Meskipun BB si bayi saat lahir adalah normal, belum tentu selanjutnya perkembangan BB-nya akan normal sesuai dengan pertumbuhannya. Pada fase tertentu, ada kecenderungan pertambahan BB bayi akan melambat. Antara 1 sampai 6 bulan, pertambahan BB bayi memang terbilang cepat, namun di atas usia 6 bulan, pertambahannya akan melambat. Kondisi itu terjadi hampir pada seluruh bayi. Salah satu penyebabnya adalah karena pada tahap ini biasanya bayi sudah lebih banyak bergerak dan pertumbuhannya mengarah ke pertinggian badan.

Bila pertambahan BB bayi di usia 6 bulan menjadi tidak normal dan tidak bertambah atau justru berkurang, maka perlu dilihat penyebabnya. Bayi dengan BB yang rendah akan berisiko lebih besar untuk terserang penyakit dibandingkan bayi dengan BB yang normal.

Bayi yang kurus dapat mengindikasikan kekurangan gizi yang mungkin disebabkan karena kebiasaan dalam keluarganya dimana ibu kurang cermat dalam memberikan nutrisi yang tepat untuk si bayi. Pemberian gizi tidak hanya satu segi saja, tetapi harus seimbang antara pemberian protein, karbohidrat, lemak, kalori, dan vitamin.

Bagaimana jika berbagai upaya sudah dilakukan, tapi si bayi tetap saja kurus? Faktor penyebabnya berarti bukan penyakit infeksi atau kurang nutrisi, mungkin pengetahuan ibu yang masih kurang dalam pemberian makanan atau faktor lingkungan yang kurang mendukung. Pada kasus lainnya, biasanya si bayi memang sulit makan sehingga gizi yang dibutuhkannya pun tidak optimal. Hal itu memang memerlukan tindakan khusus dari orang tua dan jika perlu langsung dikonsultasikan ke dokter yang tepat.

Berat badan (BB) bayi yang baru lahir normalnya adalah sekitar 2.5 kg.